0

Cara Perawatan Mobil Matic Terbaik Yang Ampuh


Cara Merawat Mobil Matic  – Ada dua jenis transmisi mobil yang beredar di pasaran. Ada yang matic dan manual. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saat ini banyak orang yang lebih suka dengan mobil matic. Karena mobil matic tak perlu ganti porseneleng terus menerus. Oleh karena itu banyak pemula yang sesuka memakai mobil matic. Semakin kesini penjualannya semakin meningkat. Apalagi banyak vendor yang mulai memproduksinya. Tapi ternyata perawatan mobil matic lebih sulit dibandingkan mobil manual. Anda harus bisa menjaga mesinnya dengan baik sehingga tidak mudah mati di tengah jalan. Cara melakukan perawatan pada mobil matic seperti toyota agya,toyota avanza maupun mobil matic dari pabrikan lain seperti honda, harus dilakukan  rutin. Anda bisa melakukan sendiri di rumah, selain memakai jasa dari service mobil. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan. 

cara merawat mobil matic
Perawatan mobil matic
Service Mobil Secara Rutin
Service mobil secara berkala menjadi hal yang penting buat mobil matic anda. Sehingga semua komponen mobil bisa terawat dengan baik. Akhirnya anda lebih nyaman dan aman dalam berkendara. Service bisa dilakukan secara berkala sesuai kebutuhan dari mobil anda. Jangan sampai anda tidak pernah melakukan pengecekan rutin dan baru di service ketika semua komponen sudah rusak. Ini akan membuat biaya yang dikeluarkan semakin besar. Lakukan service di bengkel resminya, supaya lebih aman.
Penggantian Oli Transmisi
Di dalam penggunaan mobil matic, oli transmisi sangat penting. Oleh karena itu anda harus mengganti oli transmisi mobil matic secara rutin. Minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km. Ganti dengan oli transmisi yang sesuai dengan jenis komponen mobil anda. Kalau olinya tidak cocok mungkin, akan membuat kinerja transmisi semakin berat. Padahal di mobil matic anda harus memakai transmisi secara otomatis. Kalau transmisi bermasalah bisa membahayakan anda dalam berkendara. Jadi jangan lupa untuk selalu menggantinya.
Penggantian Oli Mesin
Selain mengganti oli transmisi, anda juga harus mengganti oli mesin. Kalau oli mesin sampai habis tentunya membuat mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Apalagi kalau mesin kotor karena endapan oli. Anda harus mengganti oli mobil matic secara berkala. Ada panduan di buku panduan untuk berapa kilometer pergantian mesin yang harus dilakukan. Gunakan oli yang bagus, sehingga kinerja mesin semakin baik dan tidak cepat kotor. Jika mesin diganti olinya secara berkala, akan membuat kenyamanan dan keamanan berkendara anda lebih baik. Filter oli dan volume oli juga harus diperhatikan dengan baik. Kalau mobil cepat panas, mungkin ada masalah di volume olinya. Jadi setiap hari selalu cek dengan baik.
Lakukan Pengecekan Valve
Mobil matic sering rusak dibagian gasket tranmisinya. Ada kerusakan atau kebocoran gasket. Kalau rusak tentunya akan berhubungan dengan kemudi anda. Mengemudi jadi tidak nyaman dan mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu anda harus melakukan pengecekan secara rutin. Kalau terlihat anda masalah. Lebih baik segera diperiksa dengan baik, di mobil tipe manual agak berbeda dengan mobil matic. Karena matic sering mengalami pemindahan tuas yang kencang dan hentakan gas terus menerus, membuat bagian velve cepat rusak. Anda bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah.
 Kondisi Transmisi Mobil
Untuk melakukan perawatan mobil matik yang baik anda juga harus memperhatikan kondisi transmisinya. Di mobil matic transmisi sangat penting. Kinerja transmisi berhubungan dengan kenyamanan anda dalam mengemudi. Cobalah letakkan tuas transmisi di posisi R atau D. Lalu lepas rem mobil matic anda. Kalau tidak ada hal yang membahayakan atau masalah yang terjadi, berarti kinerja transmisi masih baik-baik saja. Mobil akan langsung bergerak kalau memang tidak terjadi masalah. Kalau anda masalah, mobil akan sulit dinyalakan.
Memanaskan Mobil Setiap Hari
Banyak orang yang lupa melakukan hal ini. Padahal memanaskan mobilsangat penting. Entah itu mobil digunakan atau tidak, anda harus memanasi mesin mobil setiap hari. Memanasi mobil, akan membuat mesin bisa bekerja dengan lebih baik. Tidak cepat panas dan rusak. Kalau mobil langsung digunakan tanpa dipanasi, mesin akan bekerja dengan lebih ekstra dan akhirnya cepat rusak. Apalagi kalau anda jarang memakannya, maka mesin mobil cepat rusak. Karena tidak pernah di panasi sama sekali. Perlu anda ingat, ketika memanasi mobil pastikan berada di posisi N atau netral.
Lakukan Uji Coba Jalan
Hal ini dilakukan ketika anda baru saja membeli mobil baru. Untuk mobil baru anda harus mencoba untuk jalan terlebih dahulu. Untuk bisa mengetahui kondisi yang anda. Mesin pun bisa bekerja dengan lebih baik. Apalagi kalau jalan yang anda lalui adalah jalan menanjak dan menurun terus menerus. Kalau terdengar suara aneh atau berisik, yang tidak hilang-hilang lebih baik segera lakukan pemeriksaan. Mungkin anda yang rusak di mobil anda.
Air Radiator
Jangan lupa untuk melakukan pengecekan air radiator secara rutin. Jangan sampai air sampai habis, karena akan membuat mesin mobil cepat panas. Anda harus cek setiap hari. Pastikan air berada di ambang normal. Apalagi kalau sampai kosong, akan membuat mesin mobil anda cepat rusak. Kalau mobil sampai overheat, bisa membuat mobil meledak atau komponen lain rusak. Oleh karena ganti air radiator secara rutin setiap harinya.
Cara Memacu Mobil
Cara anda memacu mobil sangat berhubungan dengan kondisi mobil. Jika anda memacunya dengan sembarangan, akan membuat mesin cepat rusak. Apalagi kalau anda sering gas dan rem sembarangan, membuat komponen mobil cepat aus. Perhatikan cara memacu mobil dengan benar. Supaya anda tetap aman dalam berkendara.
Tanki Bensin
Banyak orang yang sering melupakan perawatan tanki bensin. Padahal ini sangat penting. Sehingga tangki bensin, cepat berkerak dan bocor. Kalau tangki benci bocor, akan membuat masalah., mungkin bisa menyebabkan kebakaran dan meledak. Selalu isi bahan bakar sampai penuh, ini untuk membuat semua permukaan tangki tetap bersih dan tidak berkerak. Kalau anda kebocoran di tangki, segera lakukan pembersihan dan pergantian,
Lakukan Tune Up
Tune up harus dilakukan di bengkel. Tune up ini digunakan untuk cek keadaan mesin dan komponen mobil yang lainnya. Supaya mesin dan komponen mobil tetap awet. Anda tidak bisa melakukan tune up sendiri. Karena ada alat khusus yang digunakan. Lakukan tune up beberapa bulan sekali, sekalian melakukan service ke bagian mobil yang lain.

Baca juga: Deretan alat penghemat bbm terbaik
                  11 mobil matic paling irit
                   cara mengendarai mobil matic ditanjakan yang macet

Ada banyak sekali perawatan yang harus anda lakukan, supaya mobil matic tetap tahan lama. Selain memperhatikan mesin dan komponen lain, anda juga harus memperhatikan eksterior dan interior mobil. Misalnya membersihkan kaca dan body dengan bahan yang halus, supaya tidak mudah tergores. Jangan menyimpan makanan terlalu lama di dalam mobil. Bersihkan jok dan karpet mobil dari debu dan kotoran. Dan masih banyak hal yang harus anda lakukan. Dengan begitu mobil anda akan tetap awet dan bagus. Sekian artikel tentangcara merawat mobil matic terbaik. Semoga bermanfaat.