Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Dan Solusinya

Advertisement
advertisement

Sahabat mobilirit.com mungkin diantara kita ada yang pernah mengalami temperatur mesin mobil yang tidak normal jarum temperatur naik melebihi setengah bahkan hingga garis merah yang menandakan kondisi mesin overheating.Pada umunya penyebab mesin mobil cepat panas karena sistem pedingin (cooling system) yang sudah tidak bekerja dengan optimal sehingga tidak mampu mendinginkan mesin mobil pada temperature suhu ideal. Jika sahabat mengalami indikator temperature mesin mobil terus naik hingga ¾ bahkan hampir menyentuh garis merah maka segeralah untuk memperlambat laju kendaraan dan berhenti ditempat yang aman, dan jangan berhenti mendadak ya apalagi jika di jalan toll, karena itu akan sangat berbahaya.  

Umumnya masalah overheating ini terjadi pada mobil yang sudah berusia lebih dari 3 tahun maka bagi para sahabat yang memiliki mobil tua jangan lupa untuk selalu cek indikator temperature mesin pada speedometer.Langsung saja berikut beberapa sebab indikator suhu mobil naik yang menandakan mesin panas.

1.       Air dan selang radiator

Air radiator merupakan kompenen utama pada system pendingin mobil sehingga harus sangat diperhatikan jika suhu mesin mobil terlihat tidak normal maka segeralah cek kondisi air radiator mobil sahabat, untuk pengecekan awal bisa lihat air cadangan radiator yang terdapat pada reservoir tank apakah masih ada ataukah sudah habis jika habis maka segera tambah hingga batas full,dan jangan langsung membuka tutup radiator dalam keadaan panas, karena itu akan berbahaya. Jika keadaan mesin sudah dingin barulah buka tutup radiator dan lihat apakah airnya masih penuh,  berkurang atau bahkan habis, jika memang ternyata kurang atau habis maka segera tambah air radiator hingga penuh. Untuk keadaan darurat dan tahap pengecekan sahabat bisa menngunakan air mineral atau air ledeng untuk sementara hingga penyebabnya diketahui, akan tetapi jika sudah diketahuhi dan diperbaiki masalahnya jangan gunakan air ledeng karena bisa membuat daleman mesin berkarat gunakan selalu air coolant agar mesin tetap bersih dan tingkat pendingan lebih optimal.

Setelah menambahkan air radiator sahabat bisa melakukan pengecekan berikutnya yaitu pengecekan selang radiator mungkin ada kebocoran atau sobek atau kebocoran pada radiator itu sendiri. Untuk melakukan pengecekan ini , sahabat bisa menghidupkan mesin mobil dan tunggu dan tunggu hingga mesin mulai panas  agar kebocoran sekecil apapun bisa ditemukan.
jika memang selang radiator bocor segera ganti selang tersebut dan untuk situasi darurat sahabat bisa mengikat kebocoran tersebut dengan kain atau apapun yang bisa menutupi kebocoran tersebut,dan jangan lupa membawa banyak air sebagai antisipasi untuk menambah air radiator jika  berkurang lagi da.n segera service radiator jika kebocoran berada pada bagian radiator

2.       Kipas Radiator

Kipas radiator merupakan salah satu komponen vital untuk system pengdingin mobil jika kipas ini mati,atau berputar tapi kurang kencang (sudah lemah) maka hal ini menjadikan proses pendinginan air radiator menjadi  tidak optimal dan menyebabkan suhu mesin cepat panas. Jika kipas radiator ditemukan mati ada tiga kemungkinan yang bisa  menjadi penyebabnya.
Kemungkinan yang pertama yang harus diperhatikan adalah supplay arus (setrum) untuk kipas radiator ini ada atau tidak jika arus pada socket yang paling dekat dengan kipas radiator ada maka kemungkina terbesar dynamo kipas radiar yang bermasalah solusinya sahabat bisa menyervis dynamo tersebut di  tukang dynamo. Dan ganti dynamo tersebut jika memang sudah tidak bisa diperbaiki.
Kedua Jika arus pada socket kipas radiator tidak ditemukan, maka besar kemungkinan sebabnya terletak pada perkabelan, bisa jadi ada kabel yang putus dan juga ada kemungkinan termoswitch (saklar otomatis) yang sudah tidak berfungsi.

3.       ThermoStats

Thermostat merupakan merupakan komponen pendingin mobil yang terletak didalam mesin mobil cara kerja dari komponen sebagai keran otomatis yang mana akan membuka dan menutup sendiri sesuai dengan suhu pada mesin, jika suhu ideal sudah dicapai maka thermostats akan membuka dan mengalirkan air ke radiator. Jika komponen ini tidak membuka maka air tidak akan bersirkulasi ke radiator dan bisa menyebabkan mesin overheat maka segera lakukan penggantian jika thermostats sudah tidak bekerja dengan optimal.

4.       Waterpump

Waterpump / pompa air, pomp air disini bukan pompa air untuk disumur ya sahabat akan tetapi pompa air yang ada didalam mesin yang mana tugasnya memompa air dari radiator untuk disalurkan ke mesin sehingga suhu mesin tetap ideal. Waterpump yang tidak berputar atau sudah lemah akan membuat sirkulasi air tidak lancar dan  suhu mesin cepat panas.
Baca juga: penyebab air radiator selalu berkurang 
                  Mesin mobil cepat panas saat ac dinyalakan

Jadi kesimpulannuya sirkulasi air pendingin yang tidak lancar yang sering menjadi penyebab mesin mobil cepat panas dikarenakan kondisi salah satu komponen yang telah disebutkan diatas sudah tidak berfungsi dengan baik atau sudah aus, untuk menghindari hal tersebut maka lakukan perawatan yang berkala dan selalu cek indikator suhu mesin mobil anda ketika berkendara, semoga bermanfaat ya.
Advertisement
advertisement
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Dan Solusinya | iim masrifah | 5

0 komentar:

Posting Komentar