Penyebab Suhu Mesin mobil cepat Panas Saat Ac dinyalakan

Advertisement
advertisement
Sahabat mobilirit.com mungkin diantara sahabat ada yang pernah mengalami indikator suhu mesin mobil cepat panas kalau ac dinyalakan, hal ini pernah penulis alami ketika mau mudik menuju kampung halaman beberapa waktu yang  lalu pada saat baru memasuki Tol JORR dan ternyata macet parah yang mana akhirnya penulis memilih jalur arteri daerah taman mini Jakarta timur  dan ketika melintasi jalur yang macet  dan panas saya menghidupkan AC dan selang beberapa kilo meter lihat speedometer dan ternyata temperatur mobil naik diatas normal melebihi setengah padahal sebelumnya normal normal aja, jadi terpaksa bermacet ria tanpa ac.

Setelah sampai dikampung halaman saya mencari tau apa saja yang menjadi penyebab temperatur mobil naik saat ac hidup, dan mulai memeriksa bagian system pendingin mobil seperti yang telah ditulis disini. Setelah dilakukn pengecekan pada system pendingin sepertinya masih normal karea air radiator masih penuh dan tidak ada kebocoran pada system sirkulasi air radiator, kemudian saya mencoba mencari penyebab dengan melihat bagian bagian dari mesin mobil dan ternyata pada mobil saya terdapat 3 buah kipas dimana satu buah kipas berada pada bagian dalam yang menempel dengan radiator (kipas radiator) dan dua buah kipas berikutnya berada pada bagian depan radiator tepatnya menempel pada bagian kondensor yang berbentuk persis seperti radiator, yang mana menunjukan jika mobil saya telah menggunakan extra fan untuk system ac.
Extra Fan Ac mobil


 Fungsi dari extra fan untuk membantu proses kondensasi pada kondensor ac mobil dengan meniupkan angin dari depan mobil kearah kondensor dan pada umumnya posisi kondensor berdampingan dengan radiator yang mana menunjukan jika extra fan juga berfungsi untuk membantu mendinginkan radiator. Biasanya fan tambahan ini akan bekerja berbarengan dengan hidupnya compressor ac. Setelah mengetahui hal itu saya mencoba melakukan pemeriksaan terhadap fan tersebut dengan cara menghidupkan ac mobil dan ternyata memang betul bahwa kipas tambahan tersebut tidak berputar dan membuat hati plong karena telah menemukan sumber permasalahan ini dan tinggal melakukan pemeriksaan terhadap satu komponen itu.

Langkah selanjutnya hanya tinggal melakukan pemeriksaan terhadap fan tersebut. Cara pertama yang saya lakukan adalah meakukan pengetesan dengan cara menyambung langsung kipas tersebut ke accu mobil agar dapat diketahui masih hidup atau memang sudah aus dan ternyata ketika dijumper langsung ke accu fan tersebut masih berputar dengan kencang, yes piker saya “tidak perlu banyak biaya untuk memperbaikinya”. Setelah diketahui fan masih berfungsi dengan normal maka feeling saya tertuju pada relay dan juga kabel kabel yang menuju kipas tersebut.

Dan setelah ditelusuri pada kabel kabel yang menuju kipas tesebut ditemukanlah sebuah kabel yang terlepas dari kaki relay yang menyebabkan arus listrik tidak sampai pada fan tersebut lalu saya coba sambung kembali kabel yang terlepas tersebut dan menyalakan ac mobil dan hasilnya “jreng jreng” kipas tersebut berputar kembali seiring dengan bekerjanya compressor ac.Lanjut untuk memastikan bahwa itu penyebabnya  dengan dengan menyalakan mobil dan system ac selama setengah jam dan melihat indikator temperatur mesin dan Alhamdulillah indikator pada speedo meter menunjukan suhu yang normal.
Baca Juga : Penyebab setir mobil bergetar,goyang dan ngebuang kekiri atau kekanan 
                   Penyebab mesin mobil cepat panas dan solusinya

Jika sahabat mobilirit.com mengalami suhu mesin mobil cepat panas kalau ac dinyalakan jangan panik ya sahabat bisa melakukan pemeriksaan seperti yang telah disebutkan diatas karena kebanyakan kasus untuk suhu mobil yang tidak normal jika mengunakan ac karena extra fan yang bermasalah seperti yang pernah sialami penulis, so selalu cek suhu mesin ketika berkendara agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap mobil kesayangan sahabat.



Advertisement
advertisement
Penyebab Suhu Mesin mobil cepat Panas Saat Ac dinyalakan | iim masrifah | 5

0 komentar:

Posting Komentar