0

Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet


Untuk mobil manual mungkin lebih mudah dibawa ke jalan yang penuh tanjakan. Karena anda bisa mengatur gigi mesin mobil dengan mudah. Berbeda dengan mobil matic., anda harus punya teknik khusus, supaya bisa melaju di jalan tanjakan atau turunan dengan mudah dan aman. Banyak orang yang langsung bingung, ketika mesin mobil matic macet atau matic di jalan tanjakan. Hal ini memang berbahaya. Kalau tidak bisa menangani dengan baik. Mungkin mobil akan turun ke bawah. Apalagi kanan kiri jalan penuh dengan jurang. Pasti akan membuat anda deg-degan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet yang benar.

cara mengendarai mobil matic ditanjakan yang macet

Cara Mengemudi Mobil Matic Di Tanjakan Dengan Benar

Ikuti semua langkah berikut ini, jika anda mengendarai mobil matic di sebuah tanjakan dan sedang macet. Jadi tak perlu panik atau bingung.
1.     Lihat Tingkat Kecuraman Dari Tanjakan
Anda harus bisa memperkirakan kecuraman tanjakan tersebut. Apakah terlalu curam atau tidak. Ini akan berpengaruh dengan tuas yang anda gunakan. Tuas di mobil matic dibagi menjadi empat. Ada posisi N atau netral, P untuk posisi parkir, R untuk mobil melaju mundur dan D untuk mobil melaju ke depan. Selain itu ada posisi D1, D2, dan L. Jadi dengan menentukan kecuraman, anda tahu posisi apa yang harus digunakan. Untuk tanjakan macet dan curam gunakan selali posisi L dan apabila posisinya sedang macet total, jangan lupa untuk menggunakan rem tangan ketika berhenti dan bantu dengan rem kaki jika dirasa rem tangan tidak cukup kuat menahan mobil. Apabila kendaraan didepan sudah mulai jalan maka posisikan kaki kanan untuk siap menginjak gas kemudian lepas rem tangan lalu injak pedal gas perlahan hingga mobil anda berjalan kembali, jangan lupa untuk selalu jaga jarak dengan mobil yang ada didepan anda.
2.    Samakan Tuas Transmisi Dan Kondisi Jalan
Ini berhubungan dengan cara yang pertama. Misalnya kamu berada di tanjakan pegunungan atau desa yang cukup curam. Memakai mode D tidak akan membantu anda. Anda harus memakai transmisi D2. Sehingga anda bisa menanjak dengan lebih mudah. Jika posisi jalannya semakin curam, bisa berganti ke D1. Posisi tuas D1 ini hampir sama dengan gigi 1 di mobil manual. Posisi D1 juga bisa digunakan di keadaan macet dan jalannya menanjak. Anda juga bisa memakai posisi L untuk menaiki tanjakan pegunungan yang sangat curam.
3Ketika Pindah Tuas D Ke D1 atau D2, Jangan Pernah Injak Rem
Ketika sedang memindahkan posisi tuas, dari D ke D2 atau D1, jangan sambil menginjak rem. Ini akan membuat mesin tidak bekerja dengan baik. Cukup pencet tombol di tuas porsneling. Banyak orang yang tidak tahu hal ini, jadinya malah mesin mobil mati dan anda mengalami kebingungan untuk menyalakannya lagi. Baca Juga: 11 Mobil matic paling irit

Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Baik Dan Benar

Selain membahas tentang cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet, kita akan membahas cara menyetir mobil matic dengan benar. Ini bisa menjadi tambahan pembelajaran buat orang yang baru pertama kali memakai mobil matic. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini.
1.   Pahami Fungsi Komponen
Kalau anda sedang belajar berlatih mobil matic, pahami semua fungsi komponen yang ada. Mana rem, mana gas, cara mengganti transmisi, lampu sen kanan kiri, lampu depan, belakang dan masih banyak lainnya. Pahami semua hal itu, sebagai dasar sebelum memulai mengendarai mobil.
2.    Pegang Setir Yang Benar
Banyak pemula yang tidak tahu cara memegang setir dengan benar. Jadi terasa kaku dan akhirnya bisa membuat mengemudi kurang nyaman. Cara memegang setir dengan benar, bisa gengam ujung tuas yang ada benjolannya. Pegang kemudi serileks mungkin. Buat diri anda senyaman mungkin pada saat duduk mengemudi.
3.     Menyalakan Mesin Mobil
Ada sedikit perbedaan menyalakan mesin mobil matic dan manual. Bahkan saat ini sudah memakai tombol sendiri. Pada saat menyalakan mobil, pastikan tuas berada di posisi P atau parkir atau di dalam posisi netral. Kalau tuas di posisi lain, biasanya mobil tidak bisa menyala. Inilah yang membuat mobil matic cukup aman digunakan untuk pemula. Jika mesin sudah menyala, jangan langsung injak gas. Tapi diamkan beberapa menit. Supaya mesin cukup panas. Sehingga lebih mudah untuk melakukan perpindahan transmisi. Kalau langsung digunakan, akan membuat mesin bekerja tidak baik.
4.     Injak Rem Mobil
Ketika anda ingin menginjak rem mobil, pastikan menggeser tuas transmisi terlebih dahulu. Pada saat menjalankan mobil, pastikan rem sudah diinjak secara sempurna. Ini akan membuat mesin tidak cepat rusak. Tapi ketika ingin memindah tuas dari posisi D ke D1, D2 atau D3 jangan injak rem anda.
5.     Mengemudi Mobil Secara Normal
Jika anda ingin mengendarai mobil dalam posisi normal, pastikan tuas berada di posisi D, sehingga anda bisa melaju dengan santai. Tuas D digunakan untuk posisi melaju ke depan sedangkan posisi tuas R untuk mundur.
6.     Penggunaan Mode Operasian Ekonomis
Anda bisa memakai mode pengoperasian ekonomis, ketika sedang melaju di jalan kota yang macet. Jalannya pun lurus tidak menurun atau menanjak. Dengan memakai mode ini, akan membuat penggunaan bahan bakar lebih irit. Di awal mengemudi, bisa memakai percepatan otomatis sebelum menggantinya ke pengoperasian ekonomis.Baca Juga: 7 cara jitu mengendarai mobil matic agar irit BBM
7.     Geser Tuas Hingga Posisi 3
Di mobil matic, ada yang namanya tombol OD. Tombol ini digunakan untuk membantu perpindahan gigi mobil ke posisi 3. Jadi ketika anda ingin mendahului mobil dengan cepat, bisa memakai mode ini. Kecepatannya yang digunakan sekitar 60-80 km/jam.
8.     Menyetir Pada Jalan Turunan
Ketika mengendarai mobil di jalan turunan, anda harus bisa menginjak rem dan tuas dengan baik. Apalagi turunannya begitu curam dan keadaan macet. Tuas D digunakan ketika anda melaju di jalan datar atau di tengah kota. D3, digunakan untuk melaju di jalan yang menanjak yang biasa D2 digunakan untuk melewati jalan menanjak di pegunungan atau pedesaan, D1 digunakan untuk tanjakan yang terjal. Jika anda melalui jalan menurun, bisa memakai posisi L dan menginjak rem.
9.     Mengendarai Di Jalan Macet
Kalau anda tinggal di kota besar dan sering mengalami macet, anda tinggal menginjak rem saja. Tak perlu pusing memikirkan masalah tuas. Karena berada di jalan yang lurus. Tapi kalau jalannya tanjakan atau turunan, perhatikan posisi tuas dengan baik.
Dengan mengetahui semua cara diatas, anda jadi paham cara mengemudi mobil matic dengan benar. Mobil matic memang mudah digunakan, tapi anda harus memperhatikan semuanya dengan sebaik mungkin. Pahami fungsi dari setiap tuas dengan baik. Jangan sampai salah memposisikan tuas, karena akan membahayakan anda dalam mengemudi. Selain memahami cara mengemudi mobil matic. Anda juga harus bisa merawat mesin dan komponen mobil dengan baik. Sehingga kondisinya dalam keadaan yang baik. Tidak akan membahayakan anda dalam berkendara. Untuk pemula lebih baik dipadu dengan orang yang sudah berpengalaman terlebih dahulu. Supaya lebih paham semua fungsinya. Apalagi mobil matic yang anda digunakan sudah memiliki fitur yang sangat canggih. Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan, tentang cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet, semoga bermanfaat.