Penyabab Air Radiator Selalu Berkurang Dan Cara mengatasinya

Advertisement
advertisement

Mobilirit.com - Air radiator merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari system pendingin mobil, jika air radiator kurang maka akan menjadi salah satu penyebab suhu mesin mobil cepat panas dan jika keadaan ini terus dibiarkan maka mesin mobil akan mengalami over heat dan jika sudah seperti itu, maka bersiap siaplah untuk merogoh kantong agak dalam untuk memperbaikinya, sebelum hal itu terjadi sebaiknya kita mencari tau penyebab berkurangnya air radiator sedini mungkin sehingga biaya perbaikan tidak akang membengkak dan membuat kanker (kantong kering).
Berikut beberapa sebab yang sering menjadi pemicu air radiator cepat habis

Kebocoran di jalur air radiator
Hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mencari biang keladi air radiator cepat habis dengan mencari kebocoran pada jalur sirkulasi air radiator seperti pada sambungan selang antara radiator dan mesin biasanya ada bocor halus jika ini terjadi segera perbaiki dengan  mengganti atau mengencangkan kleman sambungan tersebut,apabila seluruh sambungan baik dan tidak ada kebocoran selanjutnya kita lihat selang selang nya seperti selang bagian atas, selang bagian bawah, selang yang menuju ke tabung cadangan apakah ada kebocoran,bila ditemukan ada tetesan dari selang tersebut sebaiknya segera ganti selang tersebut dengan yang baru.
selang radiator bocor
Air menetes pada sambungan


Apabila pada selang dan sambungan tidak ditemukan kebocoran, selanjutnya kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap tutup pembuangan air radiator yang terletak pada bagian bawah radiator jika terdapat kebocoran sedikit, untuk sementara bisa diakali dengan menambahkan sealtape pada bagian dalam tutup tersebut. Jika ternyata masih ada rembesan air segera lakukan penggantian.

Selanjutanya kita bisa melakukan pengecekan terhadap pipa bypass yang berfungsi sebagai jalur sirkulasi air pendingin pada mesin mobil sebelum thermostats terbuka.Umumnya  kerusakan pada pipa bypass ditemukan pada mobil yang memiliki usia dengan karatnya bagian sambungan yang terletak pada bagian mesin.

masih belum menemukan bagian yang bocor, kita bisa mengidupkan mesin mobil hingga temperatur mesin sudah mencapai temperature kerja dan periksa sirip radiator dari kemungkinan kebocoran sekecil apapun dan bila ternyata memang benar ada yang bocor disitu kita bisa memperbaikinya di tukang service radiator yang ada di daerah sahabat, biaya untuk service radiator biasanya berkisan antara 80rb hingga 200 rb  tergantung tipe radiator dan tingkat kerusakan, menurut informasi  yang penulis dapatkan biaya service radiator alumunium(radiator pada mobil baru)  lebih mahal dari radiator kuningan karena perbaikanya lebih rumit dari radiator kuninagan,tutur tukang service yang ada di daerah penulis .

Tutup Radiator

tutup radiator rusak
Tutup radiator rusak parah
Tahukah sahabat tutup radiator juga mempunyai peran yang vital bagi cooling system untuk mobil,selain sebagai penutup lubang pengisian, dia juga memiliki peran menjaga tekanan yang ada pada system pendingin,apabila tekanan dalam jalur sirkulasi melebihi batas kemampuan tutup radiator, maka pressur valve yang terdapat didalamnya kan terbuka dan mengalirkan tekanan dan air ke tabung cadangan (tabung reservoir), untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen kecil ini sahabat bisa melepasnya dari radiator dan melihat bagian dalam dari tutup apakah masih ada karetnya, jika memang sudah terlepas walaupun tekanan di dalam jalur system pendingin belum mencapai batas 0,9 atau 1,1 seperti yang tertera pada bagian tutup maka air akan mengalir ke tabung reservoir  dan  air radiator akan berkurang , karena air tersebut tidak terhisap kembali ke dalam radiator. Maka segera ganti tutup radiator dengan yang baru dan untuk harganya sendiri cukup terjangkau berkisan antara 30rb hingga 70 ribu rupiah


Paking Silinder Head bocor atau Rusak

Kerusakan pada gasket silinder head yang berfungsi  sebagai perapat antara blok mesin dan mesin bagian atas,sehingga jalur oli,jalur air radiator dan kompresi  dari piston tidak bersatu. Cara mudah untuk memeriksa gasket silinder head sahabat bisa membuka tutup radiator dan melihat air yang ada didalamnya lalu start mesin mobil, apabila air muncrat ketika di start maka bisa dicurigai kerusakan pada bagian paking silinder head. Jika kerusakan pada gasket silinder head sudah parah maka kita akan mendapati air radiator yang bercampur oli,ataupun oli mesin yang terlihat berwarna keciklatan seperti susu. Apabila terjadi seperti ini maka bersiaplah untuk merogoh kocek yang dalam karena untuk memperbaikinya hanya bisa dilakukan dengan turun mesin.
Baca juga : Mesin mobil cepat panas saat ac dinyalakan

Jadi penyebab air radiator selalu berkurang bisa disimpulkan karena bermasalahnya jalur sirkulasi system pendingin mobil yang mana cooling system adalah salah satu bagian penting pada mesin mobil. Maka sebelum semuanya terlambat jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan terhadap temperatur mesin mobil sehingga gejala kerusakan pada system pendingin bisa diketahui lebih dini.
Advertisement
advertisement
Penyabab Air Radiator Selalu Berkurang Dan Cara mengatasinya | iim masrifah | 5

0 komentar:

Posting Komentar