0

7 Cara Jitu Mengkilapkan Warna Cat Mobil Yang Pudar

7 Cara Jitu Mengkilapkan Warna Cat Mobil Yang Pudar  – Mobil merupakan alat transportasi yang selalu berkembang dari masa ke masa. Beragam model, merk dan jenis dapat dijumpai. Tapi kesemua mobil akan menarik dan cantik jika warna cat yang dimiliki mengkilap. Oleh sebab itu anda yang memiliki mobil jangan hanya menggunakannya saja, perawatanpun harus dilakukan. Mulai dari perawatan mesin, ban tak lupa perawatan body mobil. apabila kita menginginkan mobil tersebut tampak selalu mengkilap, bukan sebuah hal yang mustahil. Cara mengkilapkan warna cat mobil yang pudar jadi solusi tepat. untuk membuatnya tampak mengkilap seperti baru, tak perlu membawanya ke salon mobil. anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Tidak percaya? Baca ulasan berikut ini terlebih dahulu.

cara mengkilapkan mobil hitam

Tipe Cat Mobil

Seperti yang kita tahu bahwa perawatan body mobil yang terawat akan membuat cat selalu mengkilap. Dan ternyata cat mobil juga bertransformasi setiap tahunnya. Sepanjang masa saat ini, tipe cat mobil terbagi menjadi tiga jenis dengan cara membuat mobil lama kembali kinclong yang berbeda berdasarkan tipe cat. Berikut tipe-tipenya :

–      Nitro Celulose (NC)

Mobil keluaran tahun 80-an dulu menggunakan cat NC. Karakteristik cat yang satu ini biasanya memiliki warna serta kipal cat yang tidak stabil. Jadi jika mobil anda menggunakan cat NC maka memerlukan perawatan dengan obat poles berbahan dasar silikon. Seperti produk Amway Silicon Glaze.

–      Nitro Celulose Modified

Jenis NC Modified mulai banyak dipergunakan untuk mobil keluaran 90-an. Bahan dasar dari cat tipe NC dengan NC Modified sebenarnya hampir sama, hanya saja untuk NC Modified telah terdapat bahan tambahan. Bahan hardener yang jadi bahan tambahan, berfungsi untuk membuat warna cat jauh lebih kuat. sebagai perawatan tipe NC Modified ini dapat menggunakan perawatan yang sama dengan tipe NC.

–      Polyrethane (PU)

Generasi selanjutnya dari tipe NC hadirlah tipe PU yang dipergunakan untuk mobil keluaran tahun 2000-an keatas. Keunggulan utama dari tipe ini adalah jenis cat yang memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan tipe cat sebelumnya. Perawatannya juga berbeda dari tipe sebelumnya. tipe cat PU akan lebih baik bila tidak menggunakan bahan silikon. Lebih baik menggunakan bahan organik, seperti bahan carnauba. Tapi tidak menutup kemungkinan produk bahan organik lainnya, asalkan bukan berbahan silikon.

Nah bila kita telah mengetahui tipe cat dari mobil, perawatan agar tetap mengkilap dapat tepat sasaran. Salah melakukan perawatan jelas akan memicu warna cat cepat buram. Bila cat mobil sudah terlanjur buram apakah tidak bisa diperbaiki? Tenang ada solusinya!

Cara Mengkilapkan Mobil

Sebelum memasuki tahap cara mengkilapkan mobil yang sudah terlanjur buram, ada sedikit informasi. Banyak dari kita masih merasa bingung ingin memiliki antara commpound atau wax. Perlu diketahui bahwa bila ingin merawat mobil agar senantiasa mengkilap sebaiknya menghindari penggunaan commpound. Ternyata bahan dasar commpoud memang dapat mengkilapkan, namun kinerjanya dapat mengikis warna cat mobil sedikit demi sedikit hingga menjadi buram atau kusam.

Commpound lebih digunakan untuk menghilangkan goresan atau baret pada mobil. Berbeda dengan penggunaan wax yang dapat mengkilapkan tanpa mengikis warna cat mobil. Sebelum eksekusi TKP, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Seperti busa lembut bersih, kain lap yang lembut dan bersih serta obat poles. Seperti yang tadi disarankan, lebih baik memilih obat poles jenis wax. Letakkan mobil diaera yang teduh, sinar matahari langsung dapat mengikis kecantikan warna cat. Langsung eksekusi cara mengkilapkan warna cat mobil yang pudar di TKP yuk!

1.    Pertama cuci bersih mobil secara keseluruhan. Mencuci mobil harap menggunakan shampoo khusus mobil, jangan mencuci secara sembarangan seperti deterjen atau sabun cuci piring dengan alasan yang penting berbusa dan bersih. Shampoo khusus mobil memiliki bahan yang mampu merawat dan menjaga kilap mobil. berbeda dengan bahan lainnya yang justru dapat mempercepat kekusaman cat mobil.

2.    Bila sudah dicuci, lap mobil menggunakan lap yang bersih. Jangan sampai ada kerikil kecil yang menempel pada lap, dapat menimbulkan baret baru.

3.    Periksa apakah ada goresan halus pada mobil. bila ada pergunakan commpound untuk menghilangkannya. Sedangkan goresan yang cukup dalam sebaiknya dibiarkan saja.

4.    Step selanjutnya ambil spon bersih dan oleskan obat poles pada spon, bukan pada mobil. kemudian gosok body mobil menggunakan spon tadi dengan gerakan memutar atau naik turun. Setelah proses selesai, tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit.

5.    Bila mobil telah benar-benar kering, bersihkan sisa dari obat poles menggunakan microfiber. Proses pemolesan ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap bila merasa mobil benar-benar kusam.

6.    Setelah menggunakan obat poles, saatnya proses waxing. Tekniknya sama seperti obat poles, hanya saja waxing lebih ringan. poles wax ke seluruh bagian mobil secara merata. Tunggu beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan lap kering dan bersih.

7.    Agar body mobil selalu mengkilap dan bebas jamur, proses waxing dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Cukup mudah bukan cara mengkilapkannya tanpa harus membawa ke salon mobil. setelah mengkilap, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kilap mobil.

Tips Merawat cat mobil agar tetap mengkilap

     Membawa mobil untuk bekerja atau bepergian kemanapun tidak akan terlepas dari debu yang menempel. Debu bila menempel terlalu lama bahkan hingga berhari-hari dapat jadi pemicu buram, bahkan bila debu ini disapu menggunakan lap dapat memberikan bekas gores. Jadi sebisa mungkin segera hilangkan debu yang menempel. Dapat menggunakan kemoceng untuk menghilangkan debu.

     Selain debu, lokasi parkir harus diperhatikan. Memarkirkan mobil ditempat yang terkena sinar matahari langsung memang kurang baik. sinar matahari dapat merusak komponen cat mobil. Memarkirkan mobil dibawah pohon yang terlalu rindang memiliki kemungkinan mobil akan terkena kotoran burung. bila kotoran ini mengering akan merusak kilap cat. Jadi usahakan memarkirkannya ditempat yang teduh.

     Mobil yang terus menerus terkena air hujan dan dibiarkan saja tanpa dikeringkan akan menyebabkan jamur pada body mobil. Disamping itu menutup mobil dengan cover mobil saat kondisi masih basah juga tidak boleh dilakukan. Jamur akan tumbuh dengan cepat dan membuat mobil kusam. Lebih baik keringkan terlebih dahulu baru ditutup menggunakan cover mobil yang tahan terhadap air.

     Pemilihan shampoo, cat, obat poles atau apapun haruslah yang khusus untuk mobil. karena cat mobil membutuhkan perawatan yang mengandung komponen khusus. Tak lupa memilih komponen yang tidak mengikis cat mobil.

Hmm ternyata sangat mudah bukan cara mengkilapkan warna cat mobil yang pudar ini? tanpa membawanya ke salon anda dapat meng-ekseskusinya sendiri di rumah. Disini dapat kita ketahui bahwa perawatan cat mobil harus tepat, berdasarkan tipe cat mobil. Selain itu proses pembersihan dilakukan secara bertahap. Akan tetapi bila mobil telah mengkilap, jangan sampai lupa beberapa tips yang sangat bermanfaat untuk menjaga kilap mobil. semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia mobil. selamat mencoba!