2

Ini Penyebab Bunyi Kletek Kletek Pada Kaki Kaki Mobil

Kali ini kita akan mengulas seputar bunyi kletek kletek pada kaki kaki mobil yang mungkin pernah anda alami pada mobil kesayangan anda baik itu pada saat setir berbelok patah maupun pada saat mengemudi di jalan lurus. Pembahasan kali ini masih seputar kaki kaki mobil yang tidak berbeda jauh dengan pembahasan masalah setir mobil bergetar.

bunyi kletek kletek pada kai kaki mobil

Bunyi-bunyian aneh yang menjadi pembahasan saat ini sering terjadi pada bagian roda depan mobil dan umumnya pada mobil-mobil yang menggunakan system penggerak roda depan yang sering disebut dengan FWD (front-wheel-drive) seperti pada kebanyakan mobil sedan Toyota vios,Limo,soluna,Suzuki baleno,ford laser,mazda 323,Daihatsu charade, Honda mobilio,Suzuki ertiga,Mazda binate dan mobil penggerak depan lainnya. Langsung saja ini beberapa penyebab bunyi tersebut:

Bunyi kletek ketika belok

Jika anda mendengar bunyi ini pada saat berbelok hal tersebut biasanya disebabkan oleh CV join atau lebih dikenal dengan as rodaatau kohel atau juga kokel yang sudah mulai rusak jika kita belok kearah kiri dan terdengar suara kletek kletek seiring dengan roda berputar maka itu bisa dipastikan cv join sebelah kanan yang rusak.begitupula sebaliknya untuk sebelah kiri.

As roda mobil merupakan salah satu komponen mobil yang slow moving atau jarang rusak dan memiliki umur pakai yang cukup lama umumnya lebih dari 3 tahun. Namun apabila anda belum lama melakukan penggantian pad acv join tersebut dan ditemukan bunyi bunyian seperti yang telah dijelaskan diatas, hal itu bisa mengindikasikan jika karet boot yang berfungsi sebagai tempat gemuk atau oli as roda yang sudah robek,getas,atau juga klem yang pengencangnya sudah kendur sehingga gemuk keluar dan dan kemasukan kotoran sehingga menjadikan as roda  kering dan aus. Maka dari itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap karet boot cv join mobil anda minimal 3 bulan sekali.

Bunyi terdengar ketika lurus

Nah jika bunyi kletek terdengar pada saat mengemudi dijalanan lurus, umumnya hal itu disebabkan oleh as roda bagian dalam. Dan penyebabnya sama dengan penyebab yang tealah dibahas diatas.
Selain kedua penyebab yang sangat sering terjadi bunyi kletek tersebut juga kadang kala disebabkan oleh karet link stabilizer bagian depan yang sudah mulai rusak sehingga besi link stabilizer menempel pada salah satu bagian mobil ketika anda melakukan pengereman,sehingga getaran link stabilizer tidak tertahan oleh karet boot dan menjadikannya beradu dengan salah satu bagian dari sasis mobil dan menyebabkan suara gemeletek yang cukup keras pada bagian depan mobil anda.

Untuk itu jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan berkala terhadap kaki-kaki mobil anda minimal 3 bulan sekali sebelum bagian dari kaki mobil yang lain ikut rusak juga,karena jika salah satu bagian dari kaki-kaki sudah mulai bermasalah dan tidak segera diperbaiki maka kerusakan akan menjalar pada bagian lainnya dan jika hal itu terjadi bersiaplah mengeluarkan biaya yang menguras kantong untuk melakukan perbaikannya.

Baca Juga:
Cara ampuh membersihkan plafon mobil dengan cepat dan mudah
Penyebab lampu mobil mati atau redup sebelah
Penyebab air radiator selalu berkurang