0

Cara Yang Baik Mengemudi Mobil Matic Untuk Pemula


mobilirit.com – Setelah ramai muncul motor matic, kini hadir pula mobil matic. Tak berbeda jauh dengan motor matic, mobil matic juga tidak memerlukan menambah atau mengurangi gigi kendaraan. Cara mengemudi mobil matic bagi pemula selalu jadi pertanyaan. Bila kita sudah terbiasa dengan mobil transmisi manual akan sangat mudah mengendarainya. Transmisi mobil matic umumnya telah dilengkapi dengan adanya tombol overdrive (OD). Dengan adanya step AT/AT, mobil memiliki fasilitas OD yang berada di tuas transmisi. 

cara mengemudi mobil matic untuk pemula
Bila ingin menon-aktifkan OD bisa dengan menggeser tuas ke posisi ke 3. Namun hanya ada beberapa mobil dengan transmisi seperti ini. Perlu diperhatikan untuk memindahkan pengoperasian tuas pada mobil matic tidak bisa sembarangan. karena perpindahan tuas tidak berlangsung bebas. Oleh sebab itu perhatikan beberapa point berikut ini agar aman, nyaman dan mudah menjalankan mobil matic.

Cara mengemudi mobil matic

Sebelum mengetahui caranya, perlu diketahui bahwa tuas transmisi antara mobil matic dan manual akan berbeda. Dalam mobil matic terdapat beberapa tuas yakni R P N D-3 2 1/L. Setiap tuas transmisi sudah pasti mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda, berikut keterangan selengkapnya.
·    R : dipergunakan untuk mobil berjalan mundur
·    P : dipergunakan untuk kondisi parkir atau keadaan macet.
·  N : merupakan posisi netral, dimana mobil tidak dapat melaju maju ataupun mundur.
·    D atau D-3 : dipergunakan untuk melaju dijalan datar dengan cepat dan ringan.
·    D-2 atau 2 : tuas kopling yang digunakan untuk kondisi jalanan menanjak atau menurun.
·    1 atau L : tuas yang digunakan untuk melalui medan berat seperti tanjakan dan turunan curam.
Jika sudah memahami fungsi dari masing-masing transmisi, saatnya untuk memperhatikan beberapa point cara menyetir mobil matic bagi pemula. Perlu diperhatikan demi kenyamanan berkendara menggunakan mobil matic.
      Pertama
Sebelum menghidupkan atau mengendarai mobil, pastikan terlebih dahulu tuas transmisi dalam posisi P (parkir) atau N (netral). Karena ini mobil matic, jadi harus sangat berhati-hati. Umumnya produsen mobil matic membuat mesin tidak dapat hidup bila berada dalam posisi lain. hanya pada posisi P atau N mesin mobil dapat hidup.
      Kedua
Berbeda dengan mobil manual, untuk mobil matic setelah dihidupkan kita harus menunggu beberapa menit sampai suhu mesin dan transmisi bisa tercapai secara otomatis. manyoritas mobil dengan transmisi otomatis, percepatan dalam pemindahan otomatis belum dapat terjadi secara sempurna jika suhu kerja belum normal.
      Ketiga
Jika kita ingin menjalankan mobil matic atau menggeser tuas, pastikan pedal rem telah ditekan. Sebagai contoh, jika kita ingin menggeser tuas dari P ke R maupun N ke D atau sebaliknya harus diimbangi dengan menekan pedal rem. Bukan sekedar untuk menggeser tuas saja, tapi juga untuk menghindari kerusakan mesin.
      Keempat
Saatnya memulai perjalanan dalam kondisi normal dengan cara mudah mengemudi mobil matic.Perhatikan tuas dan pastikan telah berada dalam posisi D (drive). Tuas ini berguna untuk menjalankan mobil untuk melalui jalan lurus atau datar. Tapi tidak selamanya jalanan lurus bukan? Jalanan menanjak, menurun atau jalan licin yang ditemui membutuhkan bantuan pengereman mesin (engine break). Penggeseran transmisi ke posisi 2 perlu dilakukan. Jika menghadapi tanjakan atau turunan curam, sebaiknya pindahkan tuas dalam posisi 1.
      Kelima
Beberapa jenis mobil matic memiliki jenis pengoperasian ekonomis. Kegunaan ini umumnya dipergunakan dalam kondisi perjalanan kota yang macet. Bila menggunakan metode ekonomis tersebut, disamping dapat memindahkan percepatan otomatis juga dapat menghemat BBM serta mengemudi dengan santai. Terdapat banyak jenis dalam transmisi otomatis untuk pemilihan metode pengoperasian. Sama seperti pemilihan mode operasi sport (S).
      Keenam
Tuas transmisi mobil matic pasti mengenal tombol OD. Tombol ini untuk menggeser tuas ke posisi 3, yang berfungsi untuk membantu pengendara berakselerasi menggunakan gigi 3. Berada dalam posisi ini pula laju mobil akan lebih cepat. Sangat memungkinkan untuk menyalip kendaraan didepannya dengan menggunakan kecepatan standart. Bila kita menghadapi tanjakan panjang juga dapat menggunakan fasilitas tersebut.
      Ketujuh
Disamping mengendarai dengan matic, produsen mobil juga memberikan fasilitas metode pengoperasian M (manual). Pemilihan metode ini membuat pengendara dapat memindahkan pengendaraan matic menjadi manual. Sehingga berbekal metode tersebut pengendara dapat menambah atau mengurangi tingkat percepatan sesuai yang diinginkan. Tapi perlu diperhatikan, untuk menggeser tuas ke posisi manual (M), dapat dilakukan saat mobil dalam keadaan berhenti atau saat berjalan sekalipun. Untuk menambah gigi hanya perlu menggeser tuas ke tuas (+) dan mengurangi gigi ke tuas (-). Namun masih cukup jarang mobil dengan model tuas transmisi demikian.
Sebenarnya mobil matic dengan tuas P R N D-3 2 1/L juga dapat dioperasikan secara manual. Caranya awal memulai berkendara menggunakan gigi 1 dan menambah percepatan dengan gigi 2. Dilanjutkan dengan memindahkan tuas ke D-3 barulah menggesernya ke tuas D. Dari sini dapat dilihat bahwa pedal rem sangat mempengaruhi percepatan dan pengurangan gigi untuk mobil matic.

Baca Juga:
11 mobil matic paling irit
7 cara jitu mengendarai mobil matic agar irit BBM
 Cara mengendarai mobil matic di tanjakan yang macet

Tips mengemudi mobil matic di tanjakan
Mengendarai mobil matic memang tidak terlalu ribet dan mudah dipelajari, dibandingkan mobil manual. Tapi skill perkiraan sangat diperlukan, maksudnya memperkirakan ketinggian tanjakan. Adapun tips mengendarai mobil matic dengan aman melewati tanjakan dengan tinggi standart, kita masih bisa menggunakan tuas di posisi D. Namun akan lebih nyaman dan melalui tanjakan dengan mudah bila memindahkan puas di posisi 2. Akan tetapi bila tanjakan cukup curam, lebih baik dipindahkan pada tuas 1 atau posisi L.
Tips mengemudi mobil matic di turunan
Tak berbeda jauh dengan cara menyetir mobil matic honda mobilio melalui tanjakan, hanya saja untuk melalui turunan jangan terlalu dalam menekan pedal gas. Tuas transmisi di posisi D dapat dipilih, tapi akan lebih baik menggeserkan tuas ke posisi 2 atau 1.
Tips berjalan mundur
Selain berjalan maju, berjalan mundur juga harus dilakukan. Diperlukan skill tersendiri untuk berjalan mundur. Dengan cara yang tak jauh berbeda dengan mobil manual. Pertama geserkan tuas ke posisi R (mundur). Kemudian gas dengan perlahan sambil melihat kondisi belakang. Untuk memudahkan lebih baik memperhatikan kaca spion samping dan tengah.
Tips mengemudi di jalanan macet
Berada dijalan perkotaan, kondisi jalan macet pasti pemandangan yang sudah sangat biasa dijumpai. Mengendarai mobil manual dalam kondisi macet akan sedikit menyulitkan. Sebab kita harus memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N). Saat ingin berjalan sedikit saja harus memindahkan transmisi baru berjalan. Berbeda dengan mobil matic yang jauh lebih mudah. Untuk mobil matic avanza, pengemudi hanya perlu menginjak dan menahan pedal rem sebentar saja hingga membuat mobil berhenti beberapa detik. Bila ingin berjalan kembali hanya perlu menekan pedal gas tanpa menghidupkan mesin dari awal.
Bagaimana cara mengemudi mobil matic bagi pemula ini sangat mudah dipelajari bukan? meskipun mudah dan tidak ribet, bukan berarti kita dapat mengendarai mobil matic dengan mengebut. Keselamatan berkendara sangat diperlukan. Mengendarai dengan baik dan benar dijalanan datar, tanjakan, turunan atau menikung juga termasuk cara merawat mobil matic agya.