0

Cara Merawat mobil Avanza Baru Agar Tetap Awet


Toyota avanza salah satu mobil sejuta umat di indonesia. Mobil ini sangat mudah untuk ditemui, banyak keluarga indonesia yang menyukainya. Dengan harga yang cukup terjangkau, tapi sudah mendapatkan spesifikasi mobil yang bagus. Cabinnya luas, cocok untuk keluarga, tenaga mesinnya besar. Bodynya pun proposional. Sehingga sudah cukup memenuhi semua kebutuhan keluarga indonesia. Apalagi perawatannya pun tak begitu sulit. Banyak orang yang tidak tahu cara merawat mobil avanza baru agar tetap awet dengan benar. Akhirnya mobil cepat rusak dan harus masuk bengkel terus menerus.

Avanza veloz

Spesifikasi Mobil Toyota Avanza

Kita akan sedikit membahas tentang spesifikasi dari mobil toyota avanza. Sehingga anda bisa tahu lebih jelas tentang mobil ini. Dilihat dari eskteriornya, desainnya memang simple tapi terlihat mewah dan menawan. Apalagi untuk seri yang terbaru, sudah banyak perubahan dibandingkan versi yang lama. Desain lampu bagian depan berbentuk bumerang, membuat lebih modern. Selain itu ada tambahan aksen new smoothing panel. Lampu bagian belakang juga berbentuk leans garnish dan stop lampu desain baru.
Untuk bagian interiornya pun tak kalah keren. Ruang kabin cukup luas dan nyaman, jadi cocok untuk mobil keluarga yang nyaman. Untuk seri terbaru sentuhan kemewahan lebih terlihat. Bagian dasboard dihiasi dengan warna gelap terang yang modern. Tambahan fiturnya pun semakin modern dan canggih, ada panel layar multi information display berbentuk LCD, yang akan memudahkan anda dalam mengoperasikan berbagai macam panel. Seperti untuk AC, audio, video dan panel lainnya ukuran dimensinya pun tidak begitu besar, tapi juga tidak kecil. Bisa di isi oleh 8 penumpang. Sehingga bagus untuk mobil keluarga yang nyaman.
Pada dapur pacunya, tak perlu diragukan lagi. Mobil seharga 180 jutaan ini memiliki tipe mesin yang powerfull. Ada dua kapasitas mesin yang disediakan. Yang berkapasitas 1.3 L besar mesin 15000 cc dan 1.5 Liter besar mesin 1.500 cc. Tipe mesinnya memakai DOHC empat silinder 16 katup teknologi dual VVT-i. Dengan tambahan fitur EFI, membuat penggunaan bahan bakar lebih irit. Sehingga anda tak perlu mengeluarkan bahan bakar terus menerus. Fitur keamanan dan keselamatan penumpang juga sudah lengkap. Sudah dilengkapi airbags, 3 point seat belt dan masih banyak lainnya.

Cara Merawat Mobil Avanza Yang Benar

Cara merawat mobil avanza veloz agar tetap awet, harus dilakukan secara rutin. Tidak hanya perawatan di bengkel tetapi juga perawatan di rumah setiap hari. Buat orang yang baru saja memiliki mobil, pasti akan merasa kebingungan merawat yang benar. Kalau kita tidak merawat dengan baik, mungkin anda tidak sadar ketika rem sudah blong, ban aus, penampung bahan bakar bocor, mesin turun, atau ada bagian yang lecet. Kalau kerusakan sampai parah, mungkin anda harus memperbaikinya dan menghabiskan banyak uang. Oleh karena itu kita akan membagikan tentang merawat mobil avanza yang benar dan harus dilakukan secara rutin.
1.   Membersihkan Interior Mobil
Jika mobil digunakan terus menerus, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam mobil. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di jok yang membandel. Kotoran dan debu yang menempel harus dibersihkan, supaya jok tidak bau. Selain itu bersihkan kotoran di karpet mobil, dibagian belakang jok, dasboard dan lainnya. Bersihkan semua kotoran yang ada. Jangan suka menyimpan makanan atau sampah terlalu lama di dalam mobil. Jika kotoran sulit dibersihkan. Gunakan pembersih khusus, biarkan kering dan bersihkan memakai kain lembut.
2.    Membersikan Eksterior Mobil
Bagian luar mobil juga harus anda rawat dengan baik. Supaya mobil tidak mudah tergores, kaca tetap bersih tidak terkena jamur dan masih banyak lainnya. Untuk membersihkan badan mobil setiap harinya, memakai kain atau busa yang halus, sehingga tidak akan merusak mobil anda. Selain itu pada saat mobil panas, jangan dibersihkan. Karena akan merusak. Saat ini juga banyak sekali pembersih badan mobilyang dijual di pasaran. Bisa digunakan untuk membersihkan kaca, badan dan lainnya. Pada saat meletakkan mobil di rumah, tutup memakai penutup, sehingga tetap terjaga kebersihannya.
3.     Rutin Berikan Cairan Pendingin Di Radiator
Radiator begitu penting buat mobil anda. Jika terlalu panas, akan membuat kinerja mesin terganggu dan akhirnya mogok. Oleh karena itu anda harus rutin mengganti cairan pendingin radiator setiap harinya. Jangan sampai kosong. Setiap hari sebelum digunakan, periksa radiator mobil anda. Apakah masih full atau sudah hampir habis. Jangan memasukkan cairan pendingin ketika mesin panas, tapi pada saat mesin dingin atau masih off. Air radiator banyak ditemukan di toko peralatan mobil.
4.     Jangan Lupa Ganti Oli
Jangan pernah lupa untuk mengganti oli mobil avanza matic anda. Pergantian oli dilakukan kalau mobil sudah digunakan di jarak tertentu. Pihak bengkel akan menuliskan di bagian service mobil anda. Jadi harus diperhatikan terus menerus . Kalau tidak diganti, akan menyebabkan kekentalan dan akhirnya membuat kotoran menumpuk. Kotoran tersebut akan menganggu mesin dan akhirnya mesin cepat rusak lalu mogok. Suara mesin pun jadi tidak bagus dan sulit di starter. Oleh karena itu anda harus rutin dalam mengganti oli. Gunakan oli yang bagus dan asli. Sehingga bisa merawat mesin anda dengan baik.
5.     Minyak Pelumas
Minyak pelumas untuk minyak rem, power streeing, dan lainnya juga harus anda perhatikan., minyak pelumas ini digunakan untuk merawat komponen mesin yang lain. Supaya tetap awet dan prima. Jadi tidak hanya memperhatikan kondisi oli saja. Tetapi juga minyak pelumas di komponen lain. Jangan sampai kering dan akhirnya tidak bisa digunakan.
6.    Eksterior Baterai AKI
Mobil avanza bekas memakai aki yang harus di rawat terus. Kalau sampai rusak, akan menganggu keadaan mobil anda dan akhirnya tidak bisa dinyalakan. Pastikan tidak ada terminal baterai yang longar, berkarat, bocor, atau retak. Aki ini sebagai pemasok listrik ke mesin. Kalau aki bermasalah akan memberikan masalah yang besar untuk mobil anda.
Selain keenam perawatan diatas, anda juga bisa melakukan perawatan lain. Misalnya selalu memanasi mesin mobil setiap harinya. Walaupun tidak digunakan, anda harus selalu memanasi mesin mobil. Jangan lupa untuk membawa ke service setiap beberapa bulan sekali. Sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Perawatan di service mobil digunakan untuk cek semua komponen mobil. Selain anda harus melakukan perawatan sendiri di rumah. Supaya tahu komponen apa saja yang harus digunakan. Apalagi untuk mobil baru, keadaan mesinnya harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Dengan begitu mobil tetap awet. Kalau habis digunakan terus menerus., bersihkan bagian eskterior maupun interior mobil anda. Sekian artikel tentang cara merawat mobil avanza baru agar tetap awet.Semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.