0

Cara Cepat Lancar Mengemudi Mobil Manual Beserta Tips Aman Berkendara

Setelah beberapa waktu yang lalu membahas cara mengemudi mobil matic untuk pemula, untuk kesempatas kali ini mobilirit.com akan membahas mengebai cara mengemudi mobil manual.Bagi kalian yang belum begitu mahir mengemudi alias masih pengemudi pemula, sebaiknya jangan langsung terjun ke jalan raya. Alangkah baiknya berlatih terlebih dahulu di lapangan atau tempat latihan mengemudi lainnya gua melemaskan otot-otot tangan saat mengemudi nantinya. Cara mengemudi mobil manual memang terlihat mudah, akan tetapi bila kita belum lancar dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Berlatih menggunakan jasa latihan setir mobil bukan sebuah keharusan. Kita juga bisa mencoba berlatih sendiri.

cara mengemudi mobil manual

Cara mudah berlatih mengemudi

1.    Mobil dalam keadaan datar

Maksutnya adalah mobil dalam posisi datar, masuklah ke mobil dan pergunakan sabuk pengaman sebagai perlindungan selama berkendara. Bila sabuk pengaman telah terpasang, atur posisi duduk yang paling nyaman. Jika kurang bisa menjangkau bagian pedal atau kaki terlalu menekuk segera atur posisi kursi. Memastikan kaki dapat menjangkau pedal dengan nyaman akan menentukan kenyamanan selama berkendara. Jangan lupa buka kaca samping untuk mendengarkan suara mesin mobil dengan jelas dan bisa memperkirakan kapan masa memasukkan gigi.

2.    Paham fungsi pedal

Hafal belum tentu paham, tapi bila paham sudah pasti hafal. Jadi pahami secara menyeluruh posisi dan fungsi pedal. Pada mobil manual bagian pedal terdapat tiga pedal. Dimana pedal sebelah kiri atau kaki kiri adalah pedal kopling. Pedal tengah berfungsi sebagai pedal rem, sedangkan pedal kanan adalah pedal gas. Banyak yang sering salah dalam menginjak pedal kanan karena jaraknya yang memang berdekatan. Jadi kalian jangan sampai salah antara pedal gas dan pedal rem ya.

3.    Menguasai kopling

Cara mudah mengemudi mobil manual adalah menguasai kopling. Kopling adalah alat yang berfungsi untuk memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih berhubungan. Disamping itu kopling juga berguna untuk mengubah gigi, baik mengurangi atau menambahkan gigi yang akan dipergunakan tanpa merusak roda gigi yang berada di masing-masing gigi transmisi. Jadi bila kita ingin memindahkan gigi selalu menginjak kopling. Perlu diketahui bahwa ketika mobil telah hidup meskipun belum berjalan, mesin mobil telah mengalami putaran. Karena putaran mesin ini belum terhubung dengan roda maka belum bisa bergerak. Untuk menyambungkan pada roda diperlukan rangkaian kopling mobil. bila perseneling berada dalam kondisi netral (N) pun mobil tetap tidak akan bergerak. Dapat bergerak jika perseneling berada di gigi 1, 2, 3, 4, 5 atau R.

4.    Mengoperasikan pedal dan tuas transmisi

Setiap mobil memiliki ayunan pedal yang berbeda-beda, jadi sebelum menjalankannya pastikan terlebih dahulu seberapa ayunan pedal mobil. sehingga selama mengendarai kita dapat memperkirakan ayunan pedal. Sedikit tambahan informasi untuk mobil manual jenis apapun, jika ingin melepas kopling harus melepaskannya secara perlahan. Bila tidak ada kemungkinan mesin mobil langsung mati secara otomatis atau resiko lainnya. jangan lupa sebelum menjalankan mobil pastikan tuas transmisi dalam posisi N. Bila kita ceroboh dapat membahayakan.

5.    Menghidupkan dan menjalankan mesin

Setelah memahami semuanya saatnya kita mencoba menghidupkan mesin dengan cara stater pada kunci mobil. sebelum menginjak pedal gas sebagai cara mengemudi mobil manual, terlebih dahulu tekan dan tahan pedal kopling secara penuh. Disambung dengan memasukkan tuas transmisi pada gigi 1. Lepaskan kopling dengan perlahan-lahan, jika suara mesin sudah sedikit turun barulah injak pedal gas dengan perlahan-lahan. Bila kurang mengetahui suara mesin dapat mencoba terlebih dahulu menginjak pedal kopling berulang kali sambil mendengarkan suara mesin.

Menginjak pedal kopling berulang tidak membuat mobil berjalan. Satu lagi hal yang tidak boleh terlewati sebelum menjalankan mobil adalah memperhatikan rem tangan. Pastikan rem tangan sudah terlepas atau tidak dalam posisi pengereman. Jika mobil telah berjalan, kalian dapat menambah kecepatan dengan menginjak pedal gas sedikit lebih dalam perlahan-lahan.

6.    Menambah atau mengurangi transmisi

Mengendarai mobil akan lebih nyaman dengan merubah transmisi, baik mengurangi atau menambahkannya. Caranya juga tidak berbeda dengan tadi. Apabila mobil terasa sudah stabil, mulailah menambah gigi dengan mengulangi cara pertama tadi. Lepaskan pedal gas dengan perlahan dan diimbangi bersama menginjak pedal kopling. Jika kopling telah diinjak secara penuh, masukkan tuas perseneling ke gigi 2. Segera angkat pedal kopling dengan perlahan dilanjutkan pedal gas yang diinjak. Lakukan hal yang sama bila ingin mengurangi perseneling.

Trik mengemudi mobil manual di jalan menurun

Mengendarai mobil tidak selamanya berada dijalan yang lurus dan datar saja bukan? nah untuk mengendarai mobil dijalanan menurun tidak bisa sembarangan, harus mengetahui triknya terlebih dahulu. Cara cepat lancar menyetir mobil untuk jalanan menurun, selain perlahan-lahan melepas pedal gas jangan lupa untuk menggunakan gigi 2. Diimbangi dengan menekan pedal rem secukupnya agar bisa mempertahankan kecepatan. Di sisi lain, kita juga harus menjaga RPM dalam keadaan aman. Sangat berbahaya bila kita hanya mengandalkan rem saja. selain itu terlalu sering menggunakan rem akan membuat rem bisa panas. Bila ini terjadi maka engine brake dapat serta booster rem hilang. Jelas ini sangat membahayakan, sebab mobil dapat melaju lebih cepat dan tidak dapat dikendalikan.

Trik mengemudi mobil manual di jalan tanjakan

Bila jalanan menurun kita lebih baik melepas pedal gas dan menginjak rem. Berbeda dengan jalan tanjakan. Untuk melalui tanjakan cukup curam, akan lebih baik menggunakan transmisi rendah dan paling disarankan pada gigi 1 atau 2. Pergunakan kecepatan sedang saja, jangan terlalu keras menekan pedal gas dapat membahayakan. Cara aman untuk melewati tanjakan ini adalah mempergunakan rem tangan, memperhatikan tenaga mesin serta kekuatan kopling. Jadi harus pintar-pintar dalam mengendalikan semua pedal serta rem tangan.

Trik mengemudi mobil manual di jalan pegunungan

Pernahkah mencoba mengemudi jalan pegunungan? Umumnya jalan pegunungan berkelok-kelok dan sedikit menyulitkan. Bagi pengemudi pemula akan cukup kesulitan melewati jalanan semacam ini. selain jalanan dengan kelokan tajam, jalanan pegunungan akan diwarnai pula dengan tanjakan curam, turunan ataupun landai. Tips mengemudi mobil diberbagai area jalan akan sangat teruji disini. Ketika melihat jalanan didepan berupa tanjakan, segera ganti pada transmisi rendah dan injak pedal gas cukup kuat agar mampu melewati tanjakan curam tersebut. trik melalui jalanan menurun juga menggunakan transmisi rendah tapi tanpa menginjak pedal gas. Sedangkan jalanan menikung lebih baik menggunakan kecepatan standar dan hindari menyalip kendaraan didepan. Menyalip di tikungan akan sangat berbahaya.

Trik mengemudi mundur

Skill menjalankan mobil untuk mundur juga diperlukan. Bagaimana kita dapat berjalan mundur dengan rapi tanpa menabrak apapun. Caranya adalah dengan memindahkan transmisi pada posisi R (mundur), tekan pedal gas dengan pelan. Untuk melihat bagian belakang, manfaatkan kaca spion samping dan tengah.

Itulah cara mengemudi mobil manual dengan beberapa trik untuk melalui berbagai kondisi jalan yang dilalui. Mengendarai mobil tidak selalu berjalan lurus bukan? nah agar perjalanan kita nyaman, aman dan tidak membahayakan, perhatikan cara dan trik tersebut. selamat berkendara.