0

Keunggulan, Kelemahan Dan Problem Grand Livina

Nissan Grand Livina termasuk mobil berkualitas yang layak untuk disandingkan dengan mobil bekas yang keren lain di pasaran. Banyak pecinta otomotif yang mencari tahu mengenai Keunggulan, kelemahan dan problem nissan grand livina mengingat mobil ini terkenal sebagai mobil MPV yang dibanderol dengan harga terjangkau dengan transmisi manual maupun transmisi matic. Sebelum membeli kendaraan roda empat, sudah seharusnya Anda memahami kelemahan dan kelebihan dari mobil itu sendiri. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kecewa nantinya.

kelemahan grand livina matic

Meskipun banyak kompetitor anyar yang hadir di pasar otomotif, Grand Livina ini tetap berhasil mencuri perhatian. Memang, apa saja kekurangan dan kelebihan mobil ini jika dibandingkan dengan kompetitornya? Inilah ulasan lengkap terkait keunggulan, kelemahan dan problem grand livina matic maupun manual.(baca juga : kelemahan dan penyakit nissan x trail)

Keunggulan Mobil Nissan Grand Livina

1.Eksteriornya yang keren

Kelebihan dan kekurangan grand livina bisa Anda lihat dari bagian eksteriornya. Mobil keren ini didesain dengan konsep yang serupa dengan sedan tapi tidak memiliki buntut. Model eksterior yang diusung adalah monocoque. Menggunakan konsep tersebut, mobil ini dapat menampilkan handling yang ringan, nyaman dan good looking. Tidak hanya itu, desainnya juga membuat akselerasi yang disuguhkan semakin optimal.

Masih di bagian eksterior, Grand Livina memiliki dimensi sebesar 4485x1700x1650 mm. Sementara bobotnya adalah 1250 kg. Dengan dimensi sebesar itu serta material bodi yang tebal, tentu saja membuat mobil Grand Livina semakin terkesan menawan dan kokoh.

2.Fitur hiburan canggih

Fitur hiburan juga menjadi pertimbangan dalam membandingkan keunggulan dan kelemahan grand livina. Mobil keren ini didesain dengan kabin yang didukung dengan fitur hiburan yang mumpuni dan terbaik di kelasnya. Bagaimana tidak? Tersedia roof monitor gratis di dalam kabin untuk varian tertinggi Grand Livina. Selain itu, head unit terbaru yang tersedia juga bisa diintegrasikan dengan smartphone. Sehingga sistem multimedianya dapat menjalankan sejumlah aplikasi yang terpasang dalam ponsel pintar seperti facebook sampai dengan navigasi satelit.

3.Interior yang nyaman

Dalam melihat kelebihan dan kekurangan grand livina, interior adalah komponen yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya interior berkaitan erat dengan kenyamanan para penumpangnya. Grand Livina dibekali dengan lingkar kemudi dan jok yang dilapisi kulit berkualitas. Kursi baris ketiganya juga bisa dilipat dengan mudah sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada cukup banyak ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan penumpang untuk menaruh barang di dalam kabin. Dengan konsep pengembangan sedan yang digunakan, tidak mengherankan jika Grand Livina dikenal sebagai mobil small MPV paling nyaman di kalangan masyarakat.

Interior grand livina

Interior grand livina

Posisi berkendaranya yang rendah juga membuat pengendara bisa dengan mudah menstabilkan mobil dengan baik. Sistem kendalinya juga mantap sehingga pengendara dan penumpang akan selalu merasa nyaman dalam berkendara. Keunggulan dan kelemahan grand livina memang sangat terlihat dari desain interior yang diusung. Terutama di bagian kabinnya yang kenyamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

4.Fitur keamanan canggih

Keunggulan dan kelemahan grand livina yang selalu menarik perhatian masyarakat adalah fitur keamanannya. Ya, Grand Livina memang didesain dengan fitur keamanan yang canggih. Salah satunya adalah tersedianya SRS Airbag di dalam mobil. Selain itu, tersedia pula sistem pengereman berkualitas tinggi dengan teknologi ABS, BA dan EBD. Fitur keamanan lain yang membuat mobil ini sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan dalam berkendara adalah Parkir Sensor, Shock sensor, Keyless entry plus alarm, dan berbagai macam fitur-fitur keamanan canggih lainnya.

5.Sparepart berkualitas

Keunggulan dan kelemahan grand livina juga bisa terlihat dari ketersediaan sparepart mobilnya di pasaran. Grand Livina terkenal dengan sparepartnya yang selalu berkualitas. Tidak mengherankan jika sparepart mobil ini terbilang cukup mahal. Meskipun demikian, harga tersebut tentu tidak seberapa jika dibandingkan dengan kualitasnya yang sangat mumpuni.

6.Irit

Penggunaan bahan bakar selalu menjadi pertimbangan setiap orang yang hendak membeli mobil baru. Hal tersebut jugalah yang membuat banyak orang bertanya tentang keunggulan dan kelemahan grand livina terkait dengan pemakaian bahan bakar. Grand Livina terkenal irit bahan bakar. Hanya dengan 1 liter bahan bakar, mobil ini bisa dipakai untuk melaju sekitar 13 km hingga 15 km. Pemakaian BBM tersebut tentu sangat irit, mengingat kapasitas mesin Grand Livina cukup besar yaitu 1500 cc.

Baca juga :

Daftar mobil paling irit BBM terbaik

11 mobil matic paling irit

7.Handling mantap

Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan grand livina, Anda tentunya bisa menilai seberapa kuat dan mantap susensi yang dipasang pada mobil ini. Sekedar informasi, Grand Livina menggunakan McPherson strut untuk suspensi bagian depan. Sementara untuk bagian belakang memakai torsin beam.

Setelah memahami keunggulannya, tentu saja Anda harus mengetahui apa saja kelemahan dari Grand Livina. Karena informasi tentang keunggulan dan kelemahan grand livina akan sangat berguna untuk Anda yang sedang memilah-milih mobil baru. Lantas, apa saja kelemahannya? Berikut ini adalah diantaranya.

Kelemahan Grand Livina

1.Dimensi Kecil

Seperti yang sempat diulas bahwa keunggulan dan kelemahan grand livina ada pada dimensinya yang lebih kecil daripada mobil MPV lainnya. Dimensi tersebut tentu membuat kapasitas mobil yang disediakan tidak begitu besar.

2.Ground clearance rendah

Keunggulan dan kelemahan grand livina selanjutnya ada pada bagian ground clearance yang rendah. Karena meskipun stabil, ground clearance tersebut dapat membuat mobil ini kesulitan saat menerjang genangan air atau lubang yang agak dalam. Perlu diketahui bahwa Ground clearance mobil Grand Livina adalah 175 mm baik untuk tipe manual maupun tipe matic.

3.Tidak adanya kunci immobilizer

Meskipun fitur keamanannya cukup lengkap, sayangnya mobil ini tidak dilengkapi dengan kunci immobilizer. Padahal, fitur ini sangat penting untuk mencegah dan meminimalisir risiko pencurian. Apalagi Grand Livina terkenal sebagai small MPV paling mahal di Indonesia.

4.Tidak ada AC double blower

Kelemahan Grand Livina selanjutnya adalah tidak tersedianya fitur AC Double Blower. Memang, tidak adanya fitur ini tidak membuat kabin terasa panas. Tapi tanpa adanya AC Doble Bower, penumpang yang duduk di kursi depan akan terasa lebih cepat dingin daripada penumpang belakangnya. Hal ini disiasati oleh Nissan dengan adanya outlet AC di konsol tengah untuk penumpang di belakang.

Baca juga:

Penyebab suhu mesin cepat panas saat ac dinyalakan

5.Peredaman Kabin kurang Sempurna

Peredaman kabin yang terbilang tidak sempurna juga menjadi salah satu kekurangan Grand Livina. Sektor kabin memang menunjukkan keunggulan dan kelemahan grand livina yang sangat signifikan. Kekurangan akan terasa ketika Anda mendengar suara berisik mesin di dalam kabin. Pastinya, hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan pengendara. Ground clearance mobil yang rendah juga membuat mobil terasa berisik ketika menerjang genangan air atau lubang di jalan.

 Kelemahan dan problem grand livina matic

Salah satu problem yang sering terjadi pada Livina matic biasanya adanya suara ngelitik pada mesin dan menyebabkan kurangnya tenaga mobil tersebut terutama jika melintasi tanjakan yang sangat curam, dan problem itu sering dirasakan oleh pemilik grand livina matic.(Baca juga: Cara yang baik mengemudi mobil matic untuk pemula)

Demikianlah informasi terkait dengan kelebihan dan kekurangan nissan grand livina untuk transmisi manual maupun matic. Semoga dengan adanya ulasan ini, rasa penasaran Anda mengenai mobil Grand Livina bisa terjawab. Bagi Anda yang tertarik, harga terbaru Grand Livina sendiri berkisar Rp 192 juta. Harga tersebut tentunya relatif terjangkau, mengingat kualitas spesifikasi dan fitur yang ditawarkan.

Tags: