0

Keunggulan dan Kelemahan Daihatsu Sirion Versi Terbaru

keunggulan dan kelemahan Daihatsu sirion – Daihatsu sirion adalah salah satu citycar yang perlu diperhitungkan diantara kompetitor lainnya. Pada tahun 2015 yang lalu, Daihatsu telah meluncurkan versi terbaru dari Daihatsu Sirion. Mobil ini adalah pesaing daripada citycar lainnya seperti Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Nissan March, dan lain sebagainya. Sebagai sebuah city car yang dibandrol dengan harga murah, tentunya kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sirion menarik untuk dibahas. Gunanya, supaya pembeli bisa mempertimbangkan mobil ini, mengingat value for money adalah hal yang penting di kelas mobil ini.

Kelemahan daihatsu sirion

Dari keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirion yang akan dibahas, ada banyak hal yang menjadi kelebihan dan ada juga beberapa hal yang menjadi kekurangan dari citycar ini. Untuk selengkapnya, artikel berikut ini akan mengulasnya secara rinci.(baca juga: kelebihan dan kekurangan daihatsu luxio)

Keunggulan Daihatsu Sirion

1. Harga
Harga jual dari mobil ini adalah poin keunggulan Daihatsu Sirion yang paling menarik dan diperhitungkan. Hal tersebut karena pada kelas citycar, bandrol harga merupakan hal yang penting. Pada laman resmi dari Daihatsu, harga untuk citycar ini mulai dari Rp 167 juta. Harga tersebut adalah untuk tipe MT standar. Sedangkan varian termahal yaitu tipe AT 110 TH SE dibandrol dengan harga Rp 180 juta per unitnya. Ada tiga trim dari mobil ini, yaitu tipe standar, sport, dan 110 TH SE, di mana masing-masing trim mendapat pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.(baca juga: Spesifikasi dan harga all new Daihatsu sirion 2018)

2. Luas Kabin
Ukuran kabin adalah hal selanjutnya dari daftar keunggulan Daihatsu Sirion. Ruang kabin yang cukup lega dibandingkan para pesaingnya adalah keunggulan selanjutnya dari Daihatsu Sirion. Untuk orang dewasa jika duduk di bangku penumpang pun akan mendapatkan legroom dan headroom yang memadai untuk duduk, tidak terlalu sempit. Hal tersebut akan memberikan kenyamanan lebih kepada para penumpang. Mengingat citycar memiliki kabin yang sempit karena dimensinya yang memang mungil, maka Daihatsu Sirion memiliki satu nilai plus untuk poin luas kabin.

3. Konsumsi BBM
Keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirionselanjutnya tak kalah penting, yaitu konsumsi BBM. Mesin dengan kode K3-VE berkapasitas 1.300 cc yang memiliki 4 silinder DOHC yang dilengkapi dengan VVT-i ini mampu menghasilkan konsumsi BBM yang cukup irit. Hal ini karena tenaga maksimum 90 PS dan torsi maksimum 11,9 kg.m yang dihasilkannya sudah lebih dari cukup untuk menggerakkan mobil dengan bobot 940 hingga 950 ini. Akibatnya, tenaga yang disalurkan menjadi efektif, dan memang jenis mesin tersebut yang juga sudah digunakan pada Sirion versi sebelumnya sudah dikenal irit di kelasnya.

4. Common Parts
Berbicara keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirion, juga akan melibatkan urusan purna jual. Salah satu kendala mobil adalah sulitnya mencari suku cadang tertentu. Hal ini tidak berlaku untuk Daihatsu Sirion. Mobil ini memiliki banyak commonpart atau part yang sama dengan Toyota Avanza ataupun Daihatsu Xenia. Manfaatnya, spareparts akan mudah didapatkan dan harganya relatif murah karena banyak yang menjual dan menyediakan. Jika terdesak pun bisa dengan kanibal atau menggunakan parts bekas dari mobil-mobil tersebut. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kejadian mobil tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama karena harus inden spareparts terlebih dahulu.

5. Akomodasi dan Penyimpanan Barang
Untuk Anda yang perlu untuk membawa banyak barang, keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirionyang satu ini perlu Anda cermati. Daihatsu Sirion saat ini sudah memiliki banyak sekali tempat penyimpanan barang di dalam kabinnya. Dari mulai cup holder, glovebox, tempat koin, hingga tempat penyimpanan di bawah jok pun tersedia di mobil ini. Bahkan ada gantungan yang terletak di belakang kursi depan untuk menggantung barang, tentunya hal ini menjadikan Daihatsu Sirion sangat praktis untuk membawa barang bawaan yang banyak sekalipun.

6. Manuver Lincah
Dengan dimensinya yang kecil, sudah terlihat bahwa keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirion untuk bagian ini tentu sudah bisa diketahui jawabannya. Sebuah citycar memang haruslah memiliki kemampuan manuver yang lincah. Hal ini bisa ditemukan pada Daihatsu Sirion. Dengan wheelbase yang hanya 2,4 meter dan radius putar yang hanya 4,7 meter, berkendara dengan mobil ini terasa lincah dan menyenangkan. Terlebih setir dengan electricpowersteering akan memudahkan pengendalian

7. Fitur berlimpah
keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirionyang sangat menguntungkan dibandingkan dengan kompetitornya adalah dalam hal fitur yang disematkan. Untuk kelas citycar dan dengan bandrol yang tidak sampai Rp 200 juta, tentunya konsumen tidak bisa berharap banyak fitur yang akan didapat. Namun tidak dengan mobil ini. Banyak sekali fitur yang diberikan seperti speedometer dengan MID, sensor parkir, jok isofix, spion elektrik, head unit yang lengkap, dan LED positioning lamp.

Hal-hal tersebut adalah keunggulan dari Daihatsu sirion. Secara garis besar, Daihatsu Sirion memiliki fitur yang melimpah dengan akomodasi yang sangat baik bagi para penumpang ataupun membawa bawaan. Harganya pun relatif terjangkau untuk kelas citycar. Belum lagi konsumsi BBM yang irit akan membuat pengeluaran untuk membeli BBM berkurang. Manuver pun lincah, cocok digunakan untuk melibas padatnya jalanan perkotaan. Namun, setiap produk tentu ada kelemahannya. Berikut di bawah ini adalah pembahasan mengenai kelemahan dari mobil ini untuk melengkapi ulasan mengenai keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirion.

baca juga :

Kelemahan mobil datsun go serta keluhan penggunanya

Kelemahan dan penyakit Nissan X trail

Kelemahan Suzuki grand vitara

Kelemahan Daihatsu Sirion

1. Kabin kurang senyap
Peredaman kabin adalah bahasan yang pertama dari keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirionuntuk poin kelemahannya. Peredaman suara luar dinilai tidak terlalu baik bahkan cenderung berisik. Akibatnya adalah mengurangi kesenyapan di dalam kabin. Suara-suara dari luar, suara aspal, jalan, dan lainnya masih bisa masuk ke dalam kabin sehingga mengurangi kenyamanan penumpang.

2. Builtquality
Sebagai mobil dengan harga kurang dari Rp 200 juta dan dalam kelas citycar, builtquality yang baik memang wajar jika absen dari mobil ini. Keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirion pada hal ini menarik untuk dibahas, namun hasilnya adalah kurang memuaskan. Masih terdapat beberapa detail sambungan dan perakitan yang dirasa kurang baik kualitasnya, entah itu renggang, terdapat celah, ataupun permukaannya kasar. Namun untuk bagian mesin, pengerjaannya termasuk rapi. Tidak ada cat yang luber ke bagian lainnya ataupun las-lasan yang terkesan kurang rapi. Ruang mesin terasa sangat rapi dan tertata untuk kelas city car dari pabrikan jepang.

3. Harga jual kembali
Lagi-lagi bahasan purna jual tentang keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirion. Kali ini adalah tentang harga jual kembali mobil di pasaran. Sayangnya, harga jual kembali citycar ini relatif rendah dibandingkan dengan rival-rival di kelasnya.

4. Bantingan Suspensi
Keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirionyang terakhir adalah mengenai bantingan suspensi. Bantingan dari mobil ini dinilai agak keras dan kurang nyaman saat dibawa. Namun memang bantingan keras akan menghasilkan kestabilan saat melaju kencang dan saat bermanuver akan terasa lebih lincah.

Demikian uraian mengenai keunggulan dan kelemahan Daihatsu Sirionyang telah diulas dalam artikel ini. Uraian tersebut bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan Daihatsu Sirion untuk dibeli dan digunakan sehari-hari. Perhatikan apa-apa saja aspek yang menjadi kebutuhan, sehingga mobil yang kelak Anda beli dan gunakan adalah yang cocok dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Lagi-lagi dengan bandrol paling mahal Rp 180 juta, pembeli sudah mendapatkan mobil yang kaya fitur dengan konsumsi BBM yang irit. Namun, harga tersebut juga masih belum mendapatkan builtquality yang sempurna dan kabin yang senyap. Semua tergantung pada Anda, selamat memilih.

Tags: