0

Keunggulan dan Kelemahan Toyota Calya

Keunggulan dan kelemahan Toyota calya – Toyota kembali menggebrak pasar mobil di Indonesia dengan mobil murah yang menjadi segmen pasar andalannya. Setelah sukses dengan duo Avanza-Xenia serta Ayla-Agya, Toyota kembali berkolaborasi dengan Daihatsu untuk memproduksi mobil LCGC kembali. Adalah Toyota Cayla, kembaran dari Daihatsu Sigra nama dari mobil ini. Keunggulan dan kelebihan dan kekurangan Toyota cayla menjadi menarik untuk dibahas mengingat pada saat sebelum peluncuran, pencarian mengenai mobil ini menjadi salah satu pencarian terbanyak di Google untuk otomotif. Wajar saja, mengingat publik rasanya sudah hafal dengan kualitas serta produk yang menguntungkan untuk dibeli dari duo Toyota dan Daihatsu.

 

kelemahan calya

Keunggulan dan kelebihan dan kekurangan Toyota calya agaknya penting untuk calon pembeli mengetahuinya. Sebagai satu-satunya rival dari Datsun GO+ Panca untuk kelas LCGC 7 seater ini, para calon pembeli wajib untuk mengetahuinya terlebih dahulu, supaya bisa membandingkan dengan baik produk mana yang akan dibeli.(baca juga: Kelebihan dan kekurangan Daigatsu sigra terbaru)

 

Kelebihan Toyota Cayla

  1. Harga dan Pajak

Keunggulan Toyota calya yang pertama datang dari sisi harga dan pajak. Sebagai mobil LCGC, maka harga dan pajak adalah hal yang wajib menjadi keunggulan untuk mobil di kelas dan Toyota pun mampu menghadirkannya untuk mobil ini. Hadir dalam 2 tipe yaitu E STD, E, dan G, serta hanya tipe G yang mempunyai pilihan transmisi otomatis, membuat Toyota calya memiliki 4 pilihan varian. Tipe termurah yakni calya 1.2 E STD M/T dijual dengan harga Rp 132 juta, sedangkan tipe termahalnya yaitu calya 1.2 G A/T hanya memiliki harga jual Rp 152 juta. Hanya lebih sedikit dari angka Rp 150 juta. Belum lagi dari sisi pajak, mobil LCGC termasuk salah satu yang menguntungkan, karena pajaknya yang relatif murah untuk 7 seater sekalipun.(baca juga: Spesifikasi dan harga Toyota cayla terbaru 2018)

 

  1. Konsumsi BBM

Keunggulan Toyota calya yang perlu dibahas selanjutnya adalah perihal konsumsi BBM, karena memang untuk kelas LCGC haruslah irit. Toyota cayla memiliki konsumsi BBM hingga angka 1:20, atau 1 liter BBM bisa untuk menempuh jarak 20 kilometer. Konsumsi BBM tersebut dapat diraih asalkan sang pengemudi bisa mengontrol gaya menyetirnya sehingga hemat BBM. Namun tenang saja, sudah ada lampu eco indicator yang bisa menandakan bahwa sang pengemudi sudah mengemudi secara eco driving.(baca juga: Spesifikasi,modifikasi dan harga toyota starlet kapsul)

 

  1. Luas Kabin dan Bagasi

Rata-rata orang yang membeli LCGC 7 seater adalah orang yang ingin membawa banyak penumpang serta barang bawaan di mobilnya, namun dengan harga mobil yang relatif murah. Karena hal tersebut, maka keunggulan Toyota calya yang akan dibahas selanjutnya adalah soal luas kabin dan bagasi. Kabar buruk bagi Datsun GO+ Panca, karena Toyota calya memiliki kapasitas kabin dan bagasi yang lebih lega. Namun tetap saja untuk bangku belakang sebaiknya tidak ditempati oleh orang dewasa, cukup untuk anak-anak saja, karena headroom serta legroom yang didapat sangat sempit. (baca juga: spesifikasi dan harga toyota CHR terbaru)

 

  1. Layanan Purna Jual

Toyota adalah pabrikan yang unggul dalam jaringan dan layanan purna jual atau after sales. Sangat mudah menemukan dealer atau bengkel yang mampu melayani servis mobil Toyota, sehingga hal ini adalah kelebihan bagi Toyota calya. Keunggulan Toyota calya dalam hal layanan purna jual juga adalah dari suku cadang yang tersedia dengan mudah, sehingga tidak perlu inden untuk mendapatkan spareparts tertentu.

 

  1. Fitur

Fitur yang banyak adalah bonus bagi mobil LCGC, dan untuk calon pembeli Toyota calya, maka bersiaplah menikmati bonus tersebut. Untuk kelas mobil LCGC, fiturnya boleh dibilang lumayan lengkap. Seperti power window 4 pintu dari pintu pengemudi, MID, wiper belakang, bahkan fog lamp. Head unit pun terbilang lengkap, mampu memainkan lagu dari USB, AUX, hingga bluetooth. Masih kurang? Untuk tipe tertinggi bahkan dilengkapi dengan electric retractable mirror seperti mobil yang bukan termasuk LCGC. Kelebihan dari sisi fitur yang lebih mengejutkan ada pada fitur keselamatannya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan dua airbag, rem dengan teknologi antilock braking system, immobilizer, side impact beam, sabuk pengaman untuk tiap penumpang, hingga kursi yang sudah ISOFIX.(baca juga: Fitur, harga dan model Toyota Avanza terbaru 2018)

 

Bisa dilihat bahwa Toyota calya tampak sangat menggiurkan bagi para calon pembelinya. Harga yang murah dipadu dengan fitur yang melimpah, membuat mobil dengan akomodasi penumpang dan barang yang besar ini semakin menarik untuk dibeli. Belum lagi layanan aftersales dan ketersediaan spareparts, sangat memudahkan ketika terjadi sesuatu pada mobil ini. Untuk melengkapi Keunggulan Toyota cayla, selanjutnya akan dibahas mengenai kekurangan yang dimiliki mobil ini, lagi-lagi untuk pertimbangan para calon pembeli. (baca juga: Spesifikasi dan harga toyota rush 2018)

 

Kelemahan Toyota cayla             

  1. Kualitas Material di Interior

Memang, kualitas material di interior terutama dashboard bukanlah hal yang patut untuk diharapkan pada mobil LCGC. Untuk memangkas biaya produksi tentunya pilihan material bisa jadi hal yang perlu dikorbankan. Hal ini pun terjadi pada Toyota calya. Material plastik mendominasi bagian interior, bahkan pada bagian doortrim mudah tergores. Untung saja Toyota mampu menghadirkan desain yang lumayan cantik, cukup untuk menambal keunggulan dan kelebihan dan kekurangan Toyota calya dari segi interior.

 

  1. Tebal Body

Lagi-lagi, sepertinya ini adalah upaya dari Toyota untuk menekan ongkos produksi pada mobil ini. Tidak hanya itu, sebenarnya plat body yang tipis juga bermanfaat untuk mengurangi bobot, mengingat mesin dari mobil ini hanya berkapasitas 1.200 cc saja. kelemahan Toyota calya sepertinya juga dialami mobil LCGC lain untuk menekan bobot dan harga.

 

  1. Ban

Sebagai mobil 7 penumpang, agaknya profil ban yang digunakan terlalu kecil, hanya 195/65. Profil setipis itu membuat mobil ini terkesan tidak proporsional. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan menggunakan ban yang lebih tebal sedikit, namun tentu saja akan berpengaruh ke biaya dan hal lainnya.

 

  1. Suspensi

Membawa 7 orang penumpang di mobil ini memang bisa-bisa saja, namun suspensinya akan turun dan membuat mobil terlihat seperti amblas. Memang tidak melebihi kapasitas, namun seperti tidak proporsional. Masalah mungkin akan terjadi ketika melewati polisi tidur atau jalan yang bergelombang.

 

  1. Grade BBM Minimal

Keunggulan dan kelebihan dan kekurangan Toyota calya yang terakhir adalah pada angka oktan atau grade BBM minimal yang digunakan pada mobil ini. Mesin mobil ini walaupun dikategorikan sebagai LCGC, namun mesinnya didesain untuk menggunakan BBM dengan angka oktan 92, atau setara dengan pertamax. Tentu saja Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk BBM ini. Walaupun BBM dengan RON 90 masih bisa diterima, namun tetap saja performa yang diberikan akan kurang maksimal.(baca juga: Spesifikasi dan harga Toyota sienta new model)

 

Kesimpulan dari bahasan Keunggulan dan kelebihan dan kekurangan Toyota calya ini adalah Toyota cayla mampu memberikan pilihan yang lebih menggiurkan bagi calon pembeli. Keuntungan tersebut dari hal konsumsi BBM, fitur, hingga layanan purna jual. Walaupun ada kekurangan seperti soal suspensi, material, ataupun ban, Toyota cayla masih termasuk sangat value for money untuk dibeli.

Tags: