0

Keunggulan dan Kelemahan Suzuki Aerio yang Harus Anda Ketahui

Keunggulan dan kelemahan suzuki aerio – Banyak orang penasaran dengan keunggulan dan kelemahan suzuki aerio. Karena sebagai mobil kategori hatchback, spesifikasi Suzuki Aerio 2002 2003 2004 2005 2006 termasuk kompetitif di pasar otomotif dunia, termasuk Indonesia. Pertama kali dihadirkan, kendaraan roda empat ini memang mampu menarik perhatian masyarakat. Pasalnya mobil dengan segmen hatchback masih minim kompetitor. Sekedar informasi, Suzuki Aerio hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 2001. Kehadiran Aerio ini memang sengaja dilakukan Suzuki untuk menggantikan posisi Suzuki Forsa yang telah berhenti dan berada dalam segmen yang setipe.

Suzuki aerio

 

Keunggulan dan kelemahan suzuki aerio begitu menarik karena mobil ini dibekali dengan fitur kenyamanan dan keamanan yang lengkap. Tidak hanya itu, spesifikasi lainnya juga terbilang tangguh sehingga berhasil menggantikan Suzuki Forsa dengan baik. Sekedar informasi, Suzuki Aerio diasarkan menjadi dua varian yakni tipe hatchback dengan satu pintu belakang dan tipe sedan yang memiliki empat pintu. Tipe Hatchback didesain untuk menggantikan Forsa sementara tipe sedang dirancang untuk menggantikan Suzuki Baleno. Meskipun menawarkan spesifikasi yang mumpuni, nyatanya Suzuki Aero kurang diminati jika dilihat dari segi desain. Pasalnya tampilan luarnya masih terlihat seperti model 90-an. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah keunggulan dan kelemahan suzuki aerio.(baca juga: kelebihan dan kekurangan suzuki grand vitara)

Keunggulan Suzuki Aerio

1. Spesifikasi Performa mesin yang tangguh
Mesin adalah hal penting yang harus Anda ketahui dalam keunggulan suzuki aerio. Pasalnya, mobil buatan Suzuki yang satu ini dibekali dengan spesifikasi mesin yang tangguh. Mesin yang dipakai terbuat dari alumunium dengan empat silinder berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut dikombinasikan dengan injeksi bahan bakar tipe elektronik dan 16 katup. Dengan memakai mesin canggih tersebut, maka mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimal mencapai 100 HP setiap 5.900 RPM. Kemudian torsi yang dihasilkan adalah 133 Nm setiap 3.100 RPM. (baca juga: Spesifikasi dan harga Suzuki SX4 S-cross facelift)

Perlu diketahui bahwa Suzuki aero memiliki rasio sebesar 9.5:1 sehingga masih tergolong aman jika pengguna mengisi bahan bakarnya menggunakan premium. Mesin menjadi keunggulan dari mobil Suzuki Aerio ini karena terdapat Gearbox manual dengan 5 percepatan dan gearbox otomatis dengan 4 percepatan yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Hal inilah yang membuat banyak konsumen Suzuki tertarik untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan suzuki aerio.

2. Interiornya yang berkualitas
Keunggulan suzuki aerio selanjutnya ada pada bagian interiornya yang berkualitas. Sebagai mobil Hatcback, Aerio memiliki bodi yang tinggi dan panjang. Sehingga penumpang bisa bebas bergerak di dalam kabin. Tak hanya itu, keunggulan lain juga terlihat dari panel kontrolnya yang tersusun sangat rapi. Menariknya, kursi pengemudi bisa diatur ketinggiannya sesuai dengan kenyamanan pengendara. Tersedia pula teknologi tilt steering yang berfungsi untuk membantu pengendara menemukan ketinggian dn kerendahan posisi stir agar lebih terasa nyaman.

3. Bahan bakar irit
Seperti yang sempat disinggung terkait dengan keunggulan suzuki aerio dari sektor mesin adalah bahwa mobil ini bisa diisi dengan premium. Dengan begitu, pengguna bisa menghemat bahan bakar. Apalagi, mesin yang disematkan juga memakai 4 silinder segaris dan katub 16 berteknologi DOHC. Tentu saja teknologi mesin tersebut dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Perlu diketahui bahwa berdasarkan uji coba yang dilakukan, Suzuki Aerio bisa digunakan berkendara dengan jarak 9 sampai 12 km per liter untuk perjalanan di dalam kota. Dan 13 hingga 15 km per liter untuk perjalanan di luar kota.

4. Eksterior yang kompak
Eksterior juga menjadi keunggulan suzuki aerio. Kenapa? Karena di satu sisi eksteriornya yang kompak menjadi keunggulan dari mobil ini. Tapi di sisi lain, desainnya yang terlihat jadul juga menjadi kelemahan dari mobil ini. Mobil ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan mobil bergaya klasik. Karena pada dasarnya, bagus atau tidaknya desain eksterior mobil tergantung dari selera masing-masing penggunanya.

5. Kabin sangat luas
Untuk mobil bersegmen hatchback, kabin yang disediakan Suzuki untuk mobilnya ini tergolong sangat luas. Tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin melihat wujud asli mobil ini setelah mengetahui keunggulan suzuki aerio dari segi kabinnya.

6. Biaya perawatan murah.
Perlu Anda ketahui bahwa suku cadang mobil Suzuki Aerio sangat melimpah. Tak hanya itu, perawatan mobil ini juga sangat murah. Harga beli mobil ini pun cukup terjangkau. Hal inilah yang membuat mobil produkan Suzuki ini berhasil menyedot perhatian masyarakat dengan keunggulan mobil suzuki aerio dan harga murah yang ditawarkannya.

7. Handling
Kenyamanan ditawarkan Suzuki kepada masyarakat terkait dengan produknya ini. Pasalnya, tertanam suspensi double wishbone pada setiap titik. Dimana sampai kini, belum bisa disaingi mobil hatchback vendor lainnya. Handling yang disuguhkan juga sangat mumpuni. Walaupun memiliki dimensi yang cukup tinggi, mobil ini tetap bisa melakukan manuver dengan sangat baik.

Ketika membahas tentang keunggulan mobil suzuki aerio, sudah seharusnya jika Anda juga mengetahui apa saja kekurangan dari Suzuki Aerio. Untuk memudahkan Anda, di bawah ini adalah beberapa kelemahan dari Aerio.(baca juga: kelebihan dan kekurangan daihatsu sirion)

Kekurangan Suzuki Aerio

1. Harga jual rendah.
Kelemahan suzuki aerio bisa terlihat jelas dari harganya. Dimana harga belinya yang murah membuat harga jual mobil ini juga murah.

2. Kursi terlalu tegak
Kelemahan suzuki aerio selanjutnya ada pada bagian kursinya. Jika dilihat dari keunggulannya, kursi mobil ini memang bisa disesuaikan tinggi dan rendahnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengendara. Tapi dilain sisi, kelemahan kursi ini adalah posisinya yang terlalu tegak. Sehingga seringkali membuat penumpang dan pengendara merasa tidak nyaman. (baca juga: kelemahan dan masalah hyundai trajet)

3. Kaki-kaki kurang bagus
Suzuki Aerio diusung dengan kaki-kaki berteknologi Bore x stroke dengan ukuran 78 mm x 78 mm. Kaki-kakinya tersebut dikatakan kurang bagus untuk beberapa pengguna. Meskipun demikian, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan kaki-kaki baru.

4. Peredaman kabin kurang
Kelemahan Suzuki Aerio selanjutnya adalah peredaman kabin yang kurang. Hal ini tentunya membuat suara mesin masih bisa masuk ke dalam ruang mobil. Akibatnya, pengemudi dan penumpang akan merasa terganggu.

Setelah membahas tentang kelemahan suzuki aerio, hal yang selalu menarik perhatian pecinta otomotif adalah harga kendaraan ini. Berbicara soal harga, memang Suzuki Aerio dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Generasi pertama yang dirilis pada tahun 2001 saja hanya dijual dengan kisaran Rp 70 juta. Sementara yang terbaru berkisar RP 100 jutaan. Harga tersebut tentunya tergolong murah, mengingat spesifikasi gahar yang ditawarkan Suzuki pada salah satu mobil andalannya tersebut. (baca juga: kelebihan dan kekurangan Daihatsu sigra)

Bagaimana? Ulasan di atas sudah bisa menjawab keingintahuan Anda tentang kelebihan dan juga kekurangan dari mobil besutan Suzuki tersebut bukan? Demikianlah informasi terkait dengan keunggulan dan kelemahan suzuki aerio. Dengan adanya ulasan kali ini, semoga wawasan Anda tentang mobil berkualitas bisa semakin bertambah.

Tags: