0

5 Keunggulan dan Kelemahan Daihatsu Charade, Daya Tarik Utama Sedan Klasik 90-an

Kelebihan dan kelemahan Daihatsu charade –  Beragam variasi kendaraan kini bisa Anda temukan di pasaran sesuai minat dan selera Anda. Selain beberapa tipe kendaraan pribadi berjenis familycar atau citycar, jenis mobil klasik seperti mobil sedan juga masih menjadi favorit para pengguna kendaraan pribadi di Indonesia. Salah satunya adalah Daihatsu Charade. Keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade yang membuat masih banyak peminat jenis kendaraan ini masih setia menggunakannya. Meskipun sudah tidak lagi diproduksi, kendaraan ini adalah salah satu jenis kendaraan favorit pada eranya. Berikut beberapa hal yang membuat sedan satu ini begitu banyak diminati.

Daihatsu charade

Daihatsu awalnya tidak berminat untuk membuat kendaraan jenis sedan ini. Namun karena peminat dan tuntutan pasar yang begitu besar, Charade pun akhirnya dibuat dengan konsep sedan namun dengan hatchback yang ada. Pada tahun 90-an mobil jenis sedan memang sedang menjadi trend dan banyak diminati hingga membuat perusahaan asal Jepang ini mulai memproduksinya. Namun, produksi itu dihentikan 7 tahun sejak produksi pertamanya, dan tidak pernah dilanjutkan hingga sekarang. Pada masa produksinya, produk ini sudah mengalami facelift sebanyak dua kali. Selama masa produksinya itu, banyak pengguna yang meminati jenis mobil baru keluaran Daihatsu ini. Meskipun setiap produk selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tipe mobil satu ini tetap menjadi favorit pecinta otomotif di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Berikut ini beberapa keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade sebagai informasi untuk Anda.

Keunggulan Daihatsu Charade

Mengawali pembahasan tentang keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade, tentu tidak akan bisa dilepaskan dari beberapa keunggulan yang membuat banyak orang begitu menginginkan kendaraan ini. Ini jugalah yang membuat kendaraan ini menjadi kendaraan yang paling trendy pada jamannya. Berikut beberapa diantaranya.



  1. Akselerasinya bagus

Salah satu hal yang bisa dimasukkan dalam daftar keunggulan yang dimiliki mobil Daihatsu Charade adalah karena akselerasinya yang sangat baik. Hal ini terutama berlaku pada varian Daihatsu Charade Winner. Dengan kapasitas mesin 1300 cc dan bisa menghasilkan tenaga hingga 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan ini tentu saja didukung dengan fakta bahwa bobot kendaraan ini hanya sekitar 800 kg. Sehingga memungkinkannya untuk berlari kencang.



Interior daihatsu charade
Mesin daihatsu charade
  1. Irit dalam penggunaan bahan bakar

Selain tenaganya yang cukup powerful, hal lain yang juga bisa dimasukkan dalam daftar keunggulan dari Daihatsu Charade ialah kemampuannya dalam mengirit penggunaan bahan bakar minyak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kendaraan ini dibekali mesin berkapasitas 1300 cc dengan penggunaan 4 silinder 16 garis yang sekatup. Inilah yang menggunakan pembakaran pada mesin lebih efektif sehingga juga bisa membuat penggunaan bahan bakar lebih irit.

baca juga: Daftar mobil tua th 90 an yang irit

  1. Sparepart terjamin

Keunggulan  Daihatsu Charade selanjutnya ada pada hal perawatan bagian-bagiannya. Ketika mobil ini mengalami kerusakan pada satu atau beberapa bagiannya, pemilik sudah tidak perlu lagi mencari susah payah untuk mendapatkan sparepartnya. Tidak seperti produk lain yang menjadi rival pada jenis mobil yang sama, sparepart kendaraan ini cenderung lebih mudah didapatkan. Dengan begitu ketika Anda mengalami kerusakan pada salah satu bagiannya, Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari suku cadangnya.

  1. Perawatan mesin yang murah dan mudah

Tidak hanya kemudahan dalam mendapatkan sparepart saja, kemudahan juga bisa didapatkan oleh pengguna dalam merawat mesinnya. Perawatan yang murah dan mudah pada mesin inilah yang menjadi keunggulan  Daihatsu Charade yang selanjutnya. Penggunaan jenis mesin yang sederhana namun mampu menghasilkan tenaga yang besar inilah yang membuat pengguna tak perlu kebingungan dalam merawat mesinnya. Mesin yang digunakan pada Charade ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit dan mahal, tidak seperti jenis mobil sedan pesaingnya. Tak hanya mudah dalam merawatnya, ketika ada masalah pada mesin mobil Anda dan memerlukan penggantian, biaya yang harus dikeluarkan juga tergolong murah. Hal ini mungkin juga disebabkan karena mudahnya dalam mencari sparepartCharade ini.

  1. Harganya yang Terjangkau

Keunggulan dari pada mobil Daihatsu Charade yang terakhir ini adalah keunggulan yang paling banyak menarik minat pengguna otomotif. Tidak seperti desain pada jenis mobil sedan lainnya, Daihatsu Charade ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan menggunakan mata uang pada tahun 90 an, mobil ini dibandrol dengan harga termurah sekitar 20 jutaan dan harga termahalnya hanya sekitar 40 jutaan. Harga ini tergolong terjangkau untuk mendapatkan kendaraan dengan spesifikasi yang super lengkap ini.

baca juga: Pilihan mobil bekas harga dibawah 50 juta

Kelemahan Daihatsu Charade

Untuk membuat penilaian terhadap produk ini lebih objektif, tidak mungkin hanya membahas tentang keunggulan saja. Dalam pembahasan keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade ini, tentu harus dibahas pula kelemahan dari produk sedan keluaran Daihatsu ini. Berikut beberapa kelemahan yang mungkin menjadi keluhan para pemilik kendaraan tipe ini.

  1. Modelnya tidak uptodate (usang)

Karena pada dasarnya Daihatsu bukanlah pabrik yang secara khusus menciptakan dan membuat kendaraan berjenis sedan, maka desain dari mobil satu ini adalah satu kelemahan yang masuk dalam keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade. Baik desain interior maupun eksterior dianggap desain yang sudah usang oleh para pengguna dan penggemar kendaraan ini.

  1. Fender belakang kurang menarik

Masih soal desain eksterior yang menjadi salah satu kelemahan dalam daftar keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade. Kelemahan lain yang paling banyak dikeluhkan penggunanya adalah fender pada bagian belakangnya yang terlihat sangat tidak menarik. Tak hanya bagian belakang saja sebenarnya, bagian samping juga kurang begitu menarik dipandang. Secara keseluruhan desain interior adalah kelemahan terbesar kendaraan ini.

lampu belakang daihatsu charade
  1. Pendingin ruangan yang tidak berfungsi maksimal

Hal lain yang masuk menjadi kekurangan dalam daftar keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade ini adalah pendingin ruangannya. Kebanyakan pengguna mengeluhkan jika AC di dalamnya tidak begitu dingin.

  1. Modikasi terbatas

Hal selanjutnya yang masuk dalam daftar keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charadeini adalah tidak banyak modifikasi yang bisa dibentuk. Hal tersebut dikarenakan memang mobil ini sendiri bukanlah bentuk asli dari sedan, jadi tidak banyak modifikasi yang bisa dilakukan pada kendaraan ini.

Baca juga : Review kekurangan dan kelebiha Daihatsu Terios

  1. Tidak cocok untuk anak muda

Dari beberapa kelemahan yang sudah disebutkan sebelumnya, kesimpulan dari kekurangan-kekurangan yang termasuk dalam daftar keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charadeini adalah tidak cocok untuk digunakan anak muda. Pasalnya modelnya memang kurang begitu menarik.

Itulah tadi beberapa review dari beberapa keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade yang bisa digambarkan dari produk keluaran tahun 90 an ini. Pada eranya, kendaraan ini begitu populer dan banyak diminati. Sebabnya adalah karena beberapa keunggulan yang ada pada sedan ini namun tidak dimiliki jenis kendaraan sama produksi perusahaan lain. Namun disamping keunggulan, ada pula kelemahan yang menjadi alasan keluhan dari para penggunanya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Tags: